DPRD DKI Inisiasi Pembentukan Perda Pelaksanaan dan Sanksi PSBB

DPRD DKI Inisiasi Pembentukan Perda Pelaksanaan dan Sanksi PSBB
JAKARTA | 18 September 2020 18:49 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyebut pihaknya akan segera membentuk Peraturan Daerah (Perda) tentang pelaksanaan dan sanksi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Usulan Perda akan diinisiasi dari DPRD.

Pras menjelaskan alasan DPRD segera membentuk Perda lantaran landasan hukum bagi Pemprov DKI untuk menindak pelanggar lemah karena hanya berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub).

"DPRD akan membuat Perda PSBB melalui jalur inisiatif DPRD DKI Jakarta, bukan usulan eksekutif. Seluruh syarat pembentukan hingga pembahasan akan dilaksanakan segera Bapemperda," kata Pras kepada wartawan, Jumat (18/9).

"Dalam Pasal 239 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah telah mengatur jelas mengenai pembentukan Perda berdasarkan inisiatif di luar propemperda karena keadaan luar biasa atau berstatus darurat," sambungnya.

Politikus PDIP itu menuturkan, selama ini DPRD DKI tidak dilibatkan dalam membentuk aturan untuk PSBB. Sementara di lapangan, kata Pras, implementasi sanksi masih belum mampu membuat jera pelanggar.

"Tetapi memang pada nyatanya, DPRD tidak pernah diajak musyawarah untuk membentuk aturan aturan di keijakan PSBB. Sama seperti di setiap kebijakan sebelumnya," ucap Pras.

Sejak pelaksanaan PSBB pada Senin (14/9) angka kasus positif Covid-19 di Jakarta tak kunjung menurun. Kendati Pemprov mengambil kebijakan untuk meniadakan isolasi mandiri. Seluruh warga yang terkonfirmasi positif wajib melaksanakan isolasi terkendali di Wisma Atlet.

Untuk penambahan kasus hari ini, tercatat sebanyak 1.403 kasus. Jumlah ini berasal dari 8.192 orang yang dilakukan tes Polymerase Chain Reaction (PCR). Dengan adanya penambahan kasus, maka kasus aktif di Jakarta sebanyak 13.105.

Baca Selanjutnya: Sementara itu usulan adanya Perda...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami