DPRD DKI Minta Pemprov Segera Eksekusi Persiapan Penanggulangan Banjir

DPRD DKI Minta Pemprov Segera Eksekusi Persiapan Penanggulangan Banjir
JAKARTA | 4 Agustus 2020 14:43 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Ketua Komisi D DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah mendesak Dinas Sumber Daya Air segera mengerjakan aktivitas antisipasi banjir menjelang musim hujan. Desakan itu disuarakan Ida karena belum ada eksekusi dari Dinas SDA untuk penanggulangan banjir.

Dia menyadari, pekerjaan rumah Dinas SDA sekarang minimnya anggaran akibat pandemi Covid-19. Namun, pengendalian banjir harus tetap berjalan meski keuangan Pemprov DKI sedang terganggu.

"Hampir semuanya ketunda, cuma untuk program pengendalian banjir harus tetap terlaksana. Saya minta untuk segera dilaksanakan karena kalau lelang butuh waktu, karena ini bulan Agustus, waktu rapat kerja kemarin kepala dinas untuk segera dilaksanakan," kata Ida kepada wartawan, Selasa (4/8).

Dia menambahan, hingga saat ini pengerukan waduk masih terkendala karena anggaran di tiap-tiap SKPD sebagian besar dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Namun, dia menuturkan Dinas SDA setidaknya telah merealisasikan kegiatan pengerukan Kali Cipinang, Kali Sunter.

"Kami berharap tahun ini disisakan anggaran untuk normalisasi entah itu di Pesanggrahan, Ciliwung, kami berharap anggaran itu tetap ada, jangan dihapus. Karena saya berharap jangan sampai orang sudah kena Covid tapi malah kena banjir lagi," ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta mengusulkan anggaran Rp5 triliun untuk penanggulangan banjir tahun ini. Nilai tersebut diperuntukan sejumlah kegiatan.

Sekretaris Dinas SDA, Dudi Gardesi merinci kegiatan yang dimaksud adalah pemeliharaan drainase, pengadaan pompa-pompa mobile sebagai back up jika terjadi luapan debet air saat musim hujan nanti.

"Totalnya 5 koma (Rp5 triliun) lah. Tapi itu dibagi beberapa sub kegiatan, ada pembebasan lahan, ada pembangunan, ada pemeliharaan, ada vertical drainase," ujar Dudi.

Baca Selanjutnya: Hanya saja Dudi mengaku tidak...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami