DPRD DKI Setujui Anggaran Penyelenggaraan Formula E Rp 360 Miliar

JAKARTA | 13 Agustus 2019 22:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - DPRD DKI Jakarta menyetujui anggaran penyelenggaraan Formula E di Ibu Kota. Anggaran yang diajukan oleh Pemprov DKI Jakarta tersebut disetujui melalui pembahasan Kebijakan Umum Perubahan Anggaran Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2019.

"Karena tadi salah ngitung mata uang (dollar) jadinya Poundsterling. Jadi total Rp 360 miliar," kata Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Triwisaksana di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (13/8).

Sementara itu, Kepala Bappeda DKI Jakarta Sri Mahendra mengatakan, untuk penyelenggaraan balap mobil listrik itu menggunakan anggaran langsung dari Dinas Pemuda dan Olahraga. Awalnya pun Pemprov DKI Jakarta telah mencoba mengirimkan surat ke Kementerian Pemuda dan Olahraga.

"Ini dukungan dari Kemenpora dan Kemendagri. Jadi semula kan ada di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, lalu digeser ke Komisi E dengan Dinas Pemuda dan Olahraga, ini merupakan kegiatan baru," jelasnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta harus menyetorkan dana sebesar 20 juta poundsterling atau sekitar 24,1 juta dollar AS untuk menjadi salah satu tuan rumah balapan Formula E 2020. Nantinya dana tersebut disetorkan ke pihak penyelenggara yakni Federasi Otomotif Internasional (FIA).

"Untuk motor GP biaya penyelenggaraan nya 7-9 juta dollar, F1 29,4 juta dollar, Formula E 24,1 juta dollar. Dollar Amerika ya," kata Anies di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Selasa (13/8).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menyatakan setiap penyelenggara kegiatan harus mengeluarkan biaya, seperti halnya ketika Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Selain itu, Anie juga telah menemui Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta. Keduanya membahas soal pelaksanaan balap mobil listrik Formula E 2020.

"Beliau memberikan dukungan dan apresiasi, dan insyaallah akan kami finalisasikan. Dan tadi menceritakan prosesnya," kata Anies usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
DPRD DKI Usulkan Ada Ganti Rugi di Aturan Pembatasan Usia Kendaraan
Jadi Tuan Rumah Formula E, Pemprov DKI Harus Bayar Rp 345 Milliar
Anies Resmikan 28 Peta, Penanda dan Penunjuk di Halte Non BRT
Anies Perintahkan PNS Upacara Bendera 17 Agustus di Pulau Reklamasi
Asosiasi Driver Online Desak Anies Bebaskan Taksi Daring dari Ganjil Genap
Presiden Jokowi Siap Dukung DKI Jadi Tuan Rumah Balapan Mobil Listrik di 2020
Anies Sebut Wacana MenPAN Soal ASN Kerja dari Rumah Sesuai Kemajuan Zaman

(mdk/fik)