DPRD Putuskan Pemilihan Cawagub DKI Dilakukan Secara Tertutup

DPRD Putuskan Pemilihan Cawagub DKI Dilakukan Secara Tertutup
Gedung DPRD DKI . ©2014 merdeka.com/imam buhori
JAKARTA | 18 Februari 2020 13:43 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Mohamad Taufik menyatakan pimpinan DPRD sepakat memilih calon Wakil Gubernur DKI secara tertutup. Kesepakatan ini diambil berdasarkan hasil tata tertib cawagub periode DPRD sebelumnya.

"Kita dalam draf yang lama itu tertutup. Saya dan kawan-kawan ada yang minta terbuka," kata Taufik di gedung DPRD usai menjalani rapat pimpinan gabungan (rapimgab), Selasa (18/2).

Namun, pemilihan tertutup bukan dimaknai proses pemilihan cawagub tidak terbuka untuk publik. Yang dimaksud Taufik tertutup adalah seluruh anggota DPRD menulis nama calon Wakil Gubernur untuk kemudian dimasukan ke dalam kotak.

Proses penulisan nama tersebut, kata Taufik, tetap terbuka untuk publik. Sehingga menurutnya, asas transparansi tetap dijunjung legislatif.

"Ya pemilihannya boleh dilihat, yang dimaksud tertutup itu adalah pemilihannya dengan menuliskan di atas kertas, dimasukin ke kotak, begitu. Kalau terbuka kan misalkan siapa yang milih Riza, berdiri, begitu. Kan itu lebih transparan jadinya," ujar politikus Gerindra tersebut.

Baca Selanjutnya: Rapat Paripurna Besok...

Halaman

(mdk/ray)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami