DPRD Sediakan 111 Surat Suara Pemilihan Wagub DKI Jakarta

DPRD Sediakan 111 Surat Suara Pemilihan Wagub DKI Jakarta
JAKARTA | 6 April 2020 10:59 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - DPRD menyediakan 106 surat suara dan 5 surat suara cadangan untuk pemilihan Wakil Gubernur. Pemilihan dilakukan secara terbuka dan dapat disiarkan melalui YouTube channel milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Pukul 10.00 WIB, acara dibuka oleh Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI, Farazandi Fidiansyah, sekaligus membacakan tata tertib pemilihan.

"Surat suara sebanyak 111. 106 untuk jumlah anggota DPRD, 5 surat suara disediakan sebagai cadangan jika ada surat suara yang rusak," ucap Farazandi, Senin (6/4).

Sebagaimana protokol pencegahan penyebaran virus Corona. Meja dan kursi untuk anggota ditata untuk satu orang. Terdapat 6 baris meja, yang mana setiap meja hanya untuk satu orang saja.

Susunan kursi pun dibuat secara zig-zag di setiap barisan. Sehingga membuat jarak cukup luas dalam menyikapi anjuran jaga jaral fisik.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub DKI Farazandi Fidiansyah mengatakan agar prosesi berjalan lancar tanpa mengesampingkan bahaya sebaran virus, durasi pemilihan akan dipersingkat. Dari hasil rapat badan musyawarah, batas maksimal pemilihan selama 2 jam.

"Lama maksimal pelaksanaan 2 jam. Jadi kami harus sederhanakan kembali rangkaian tersebut yang awalnya berjam-jam, maksimal 2 jam," kata Farazandi, Kamis (26/3).

Untuk memanfaatkan keterbatasan durasi, Farazandi menuturkan, pihaknya masih mencari alternatif agar esensi pemilihan Wagub tidak berkurang. Yang jelas, kata Farazandi, untuk penyampaian visi misi dan sesi tanya jawab antar dua Cawagub dengan para anggota DPRD dilakukan melalui telekonferensi. (mdk/noe)

Baca juga:
Gelar Paripurna Pemilihan Wagub, DPRD DKI Lakukan Protokol Pencegahan Corona
Seruan Nurmansjah Soal Penundaan Pemilihan Wagub Tak Digubris DPRD DKI
Ombudsman Temukan Dugaan Pelanggaran Administrasi SK Cawagub DKI
Pemilihan Wagub DKI Digelar Tertutup
PKS Nilai Pemilihan Wagub DKI Dipaksakan
DPRD Sebar 120 Undangan Pemilihan Wagub DKI Jakarta

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami