Eks dirut di Kemen PUPR pimpin UPT program DP 0 Rupiah

JAKARTA | 8 Juni 2018 17:48 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dzikran Kurniawan resmi dilantik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai Kepala Unit Fasilitas Pemilik Rumah Sejahtera Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta. Nantinya, Dzikran akan memimpin UPT untuk program perumahan bagi warga Jakarta seperti Rumah DP 0 persen.

"Pertama, ucapkan selamat kepada saudara. Yang kedua, saya berharap di posisi yang baru ini saudara benar-benar bisa menerima tanggung jawab diembankan kepada saudara," ujar Anies, di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (8/6/2018).

Menurut Anies, Dzikran bukan lah orang baru dalam mengola persoalan perumahan. Sebelumnya, Dzikran merupakan Direktur pengelolaan dana pembiayaan perumahan di PUPR.

Selain itu, dia juga pernah berpengalaman hampir 10 tahun bekerja di KPK. Karenanya Anies mengatakan, pejabat yang baru dilantik itu telah memiliki kompetensi dan pengalaman di bidang kebijakan perumahan sampai dengan implementasi.

"Itu sebabnya kita percayakan program ini nanti dilaksanakan oleh pak Dzikran ini," imbuh Anies.

Anies meminta agar semua pihak memberikan waktu kepada Dzikran untuk menata berbagai hal sebagaimana yang harus dikerjakan dia di awal jabatannya ini.

"Jadi saat yang lain mulai libur, beliau mulai kerja. Insya Allah beliau bisa menjalankan tugasnya sesegera mungkin," katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga menyampaikan selamatnya. Orang nomor dua di DKI ini pun memberikan penjelasan proses penunjukan jabatan tersebut hingga terpilihnya Dzikran.

Sandiaga menjelaskan, Dzikran menempati posisi jabatan baru yang berbeda dengan posisi yang sudah ada. Karena posisi ini dikatakan dia unik, maka Sandiaga mengakui penunjukan Dzikran diawali dengan menanyakan kepada berbagai pihak terkait siapa orang yang memiliki kompetensi relevan.

Selanjutnya, kata Sandiaga, pihaknya mendapatkan rekomendasi-rekomendasi nama. Kemudian dari rekomendasi itu dilakukan review satu per satu.

"Kemudian beliau kami lihat paling pas secara latar belakang, secara kompetensi, dan relevansi dengan program kita karena beliau kerjakan selama ini mirip dengan program kita tapi di level nasional. Itu ya," ungkap Sandiaga.

Baca juga:
Ini alasan program DP 0 Rupiah Anies-Sandi hanya untuk yang bergaji Rp 7 juta
Wagub Sandi sebut Pergub UPT rumah DP nol rupiah sudah diteken Anies
Sandiaga minta warga laporkan calo rumah DP Rp 0
Akhir April, rumah Dp Rp 0 sudah bisa dipesan
Besok, Pergub DP 0 Persen terbit
Ditanya kelanjutan DP Rp 0, Anies persilakan tanya Kadis Perumahan
Tak bisa nikmati rumah DP RP 0, warga DKI bergaji Rp 4 juta dijanjikan rusunawa

(mdk/lia)