Ganjil-Genap Tak Berlaku Saat PSBB di Jakarta, Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup

Ganjil-Genap Tak Berlaku Saat PSBB di Jakarta, Polisi Terapkan Sistem Buka Tutup
JAKARTA | 27 Mei 2020 07:27 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Sistem ganjil-genap ditiadakan selama pelaksanaan Pemberantasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menggunakan beberapa cara untuk mengurai kepadatan kendaraan di Ibu Kota.

Kasubdit Gakkum Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, AKBP Fahri Siregar mengatakan, pihaknya telah menyusun beberapa strategi untuk mengurai kemacetan. Salah satunya adalah dengan cara buka tutup jalan.

"Langkah kepolisian menangani kemacetan tanpa ganjil-genap tentunya situasional, biasanya dilakukan dengan rekayasa arus lalin misalkan buka tutup," kata AKBP Fahri saat dihubungi, Rabu (27/5).

Selain buka tutup jalan, katanya, pengalihan arus lalu lintas juga merupakan solusi untuk mengurai kemacetan. "Rekayasa arus lalin lainnya yaitu pengalihan arus," kata Fahri.

Mengenai dampak tidak aktifnya gage selama ini di Jakarta, Fahri mengaku, sejauh ini belum ada kemacetan akibat sistem ini yang tidak berfungsi. Meskipun demikian, ia mengakui jika belakangan ada kenaikan volume kendaraan di beberapa titik di Jakarta.

"Sampai saat ini belum ada kemacetan akibat gage tidak berlaku walaupun ada peningkatan volume kendaraan bermotor tapi belum menimbulkan dampak kemacetan yang berarti," pungkas Fahri. (mdk/bal)

Baca juga:
Sejalan PSBB, Peniadaan Kebijakan Ganjil Genap Diperpanjang Hingga 4 Juni 2020
Polda Metro Perpanjang Hapus Ganjil Genap Hingga 22 Mei
Ganjil Genap Dihapus hingga 23 April 2020
Bebas Ganjil Genap Diperpanjang Hingga 19 April 2020
Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan Hingga 19 April 2020
Ganjil Genap Nonaktif, Polda Metro Antisipasi Adanya Peningkatan Kendaraan

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami