Gelar Operasi Nila, Polda Metro Jaya Sita 190 Kilogram Sabu dan 265 Kilogram Ganja

Gelar Operasi Nila, Polda Metro Jaya Sita 190 Kilogram Sabu dan 265 Kilogram Ganja
Ilustrasi Narkoba. ©2014 Merdeka.com
JAKARTA | 12 November 2020 11:02 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya bersama dengan Polres jajaran telah menangkap 44 orang selama kurun waktu dua minggu atau 14 hari. Operasi Nila Jaya 2020 ini dilakukan sejak 19 Oktober-2 November 2020.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sudjana mengatakan, puluhan orang yang ditangkap oleh anggotanya tersebut berdasarkan dari hasil Target Operasi (TO) yang berjumlah 53 orang.

"Dalam Operasi Kewilayahan Nila Jaya 2020, telah ditentukan 57 target operasi (TO) yaitu 53 TO orang dan 4 TO tempat. Berhasil diungkap 44 orang dan 1 TO tempat. Dengan tingkat presentase keberhasilan 79 persen," kata Nana di Polda Metro Jaya, Kamis (12/11).

Namun, jika menghitung secara keseluruhan. Jumlah tersangka yang sudah diamankan oleh pihaknya selama operasi tersebut sebanyak 330 orang.

"Adapun hasil Operasi Nila Jaya 2020 berhasil mengungkap kasus sebanyak 275 LP, dengan jumlah tersangka 330 orang, yang terdiri dari 8 orang bandar, 285 orang pengedar, dan 37 orang pemakai," sebutnya.

Pengungkapan kasus atau tindak pidana narkoba tersebut, untuk membuktikan kepada masyarakat jika polisi tak akan diam dalam masalah kejahatan tersebut. Apalagi, narkoba, katanya merupakan musuh besar bagi bangsa.

"Dalam rangka menumbuhkan kepercayaan masyarakat dan sebagai bukti keseriusan Polri dalam memberantas peredaran gelap narkoba serta untuk menekan angka penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba menuju 'Jakarta Zero Narkoba', atau Jakarta bebas dari narkoba," ungkapnya.

Jenderal bintang dua ini menegaskan, barang bukti hasil tangkapan anggotanya tersebut langsung dilakukan pemusnahan yang disaksikan oleh BNN Provinsi DKI Jakarta.

"Pemusnahan barang bukti dilakukan dengan cara menggunakan alat insinerator yang bersuhu sangat tinggi, sehingga barang bukti narkotika tersebut, benar-benar habis terbakar serta tidak menimbulkan efek negatif kepada masyarakat disekitarnya," tegasnya.

Sejumlah barang bukti yang diamankan yakni 190 kilogram sabu, 265 kilogram ganja, 9.300 butir ekstasi, 8,16 kilogram tembakau gorilla, 572 butir happy five, 18,51 gram bubuk ekstasi dan 193 butir obat baya. (mdk/fik)

Baca juga:
Peredaran Narkoba di Medan Meningkat Selama Pandemi Covid-19
Dijuluki Komandan Rendak, Ini Sosok di Balik Berhasilnya Pemberantasan Narkoba Sumut
Ditangkap Saat akan Pesta Sabu, WN Australia Miliki Home Industri Daun Kratom di Bali
Napi Lapas Bengkalis Kendalikan Penyelundupan 50 Kg Sabu dari Malaysia
7 Kurir Narkoba Disergap di Aceh Timur dan Labuhan Batu, 14,8 Kg Sabu-Sabu Diamankan
Timses Cabup Pelalawan Jadi Kurir Sabu, Polisi Dalami Sumber Uang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami