Gelar Paripurna Pemilihan Wagub, DPRD DKI Lakukan Protokol Pencegahan Corona

Gelar Paripurna Pemilihan Wagub, DPRD DKI Lakukan Protokol Pencegahan Corona
JAKARTA | 6 April 2020 09:55 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - DPRD DKI akan menggelar Rapat Paripurna pemilihan Wakil Gubernur (wagub) DKI Jakarta pada pukul 10.00 WIB. Rapat tersebut akan dilakukan secara tertutup di Ruang Paripurna DPRD DKI.

Anggota Panitia Pemilihan Wagub DKI Andyka menyatakan Rapat Paripurna akan dimulai dengan penandatanganan sejumlah pakta integritas oleh kedua calon wagub yakni Nurmansjah Lubis dan Ahmad Riza Patria.

"Agenda kita mulai pukul 10.00 WIB ada penandatanganan pakta integritas dua. Jadi integritas untuk melaksanakan RPJMD, termasuk siap kalah siap menang dan sebagainya," katanya saat dikonfirmasi, Senin (6/4).

Dalam pelaksanaan pemilihan ini, dia mengklaim, telah ada sejumlah prosedur tetap atau protap untuk tetap jaga jarak demi pencegahan Virus Corona atau Covid-19.

Rencananya, politikus Gerindra itu menjelaskan, pemilihan wagub ini tidak akan berlangsung lama, mungkin akan lebih cepat dengan waktu yang telah ditentukan. Rencananya kegiatan ini akan berlangsung selama dua jam.

"Mulai pembukaan sampai awal itu kita hitung sampai pemilihan itu 1 jam. Proses penghitungan sampai penetapan itu sekitar 1 jam juga insyaallah bisa lebih cepat dari itu," terangnya.

1 dari 1 halaman

Dia menyatakan anggota dewan juga akan dilakukan pengecekan secara protap Dinas Kesehatan DKI sebelum menuju ruang paripurna. Bila diketahui memiliki suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat akan ditangani di ruang khusus oleh para tenaga medis.

"Anggota dewan juga wajib menggunakan masker. Kita tetap berikan hak pilih (bila suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat) itu langsung diberikan rapid test, dan petugas disiapkan akan kita datangi," tegasnya.

Selain itu, Andyka menyatakan protokol untuk jaga jarak fisik juga tetap dilaksanakan. Yakni mulai dari penataan meja dan kursi yang hanya digunakan oleh satu anggota dewan saja. Sebab biasanya, tatanan meja tersusun untuk dua orang.

"Satu meja satu orang jaraknya sudah 1,5 meter. Sementara ini kita persiapkan, kita tata. Begitu juga penambahan bilik suara tadinya 4 sekarang 6 penambahan kotak suara pada mulanya 1 jadi 2. Kotak suara kita dekatkan ke kotak suara, kiri 3 kanan 3. Jadi itu besok kita simulasikan," kata dia pada Selasa (31/3).

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Seruan Nurmansjah Soal Penundaan Pemilihan Wagub Tak Digubris DPRD DKI
Ombudsman Temukan Dugaan Pelanggaran Administrasi SK Cawagub DKI
PKS Nilai Pemilihan Wagub DKI Dipaksakan
Pemilihan Wagub DKI Digelar Tertutup
DPRD Sebar 120 Undangan Pemilihan Wagub DKI Jakarta
Cawagub Nurmansjah Lebih Setuju Pemilihan Wagub Tunggu Kondisi Covid-19 Kondusif

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami