Gubernur Anies: Kasus Aktif di Jakarta Turun 100.000, Bukti PPKM Efektif

Gubernur Anies: Kasus Aktif di Jakarta Turun 100.000, Bukti PPKM Efektif
TNI di Pos Penyekatan PPKM Darurat Lenteng Agung. ©2021 Merdeka.com
JAKARTA | 1 Agustus 2021 16:04 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan, kondisi ibu kota masih belum aman dari penularan Covid-19. Namun Anies memuji kebijakan PPKM Darurat dan PPKM Level 4 yang dinilai sukses. Sebab, terjadi penurunan kasus aktif. Artinya, penularan Covid-19 bisa diminimalisir.

"Pembatasan mobilitas sejak awal Juli kemarin berdampak amat baik pada pengendalian Covid, ini adalah hasil kerja keras kita semua," ucap Anies di Mapolda Metro Jaya, Minggu (1/8).

Anies menyebut angka kasus baru turun. Dia merinci, pada 16 Juli 2021, di Jakarta ada 113.000 kasus. Akhir Juli menjadi 17.000 kasus.

"Bayangkan turun 100.000 kasus aktif, ini bukti konkret bahwa pembatasan mobilitas yang dikerjakan kemarin efektif," ucapnya.

Namun tingkat positivity rate di Jakarta masih berada di 15 persen. Angka ini masih belum aman jika merujuk pada standar badan kesehatan dunia WHO, yang mematok persentase aman positivity rate penularan di bawah 5 persen.

"Kalau ini di bawah 5 persen kita bisa mengatakan masuk zona aman," ucapnya.

Vaksinasi jadi Syarat Aktivitas

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini berencana mewajibkan persyaratan vaksinasi Covid-19 untuk setiap penyelenggaraan kegiatan di Ibu Kota. Bagi yang belum menerima vaksin tanpa alasan tertentu maka tidak dapat terlibat dalam aktivitas apapun.

"Kami di Jakarta nanti akan melakukan pembukaan kegiatan dengan mensyaratkan harus mengikuti vaksinasi terlebih dahulu," tutur Anies.

Pertimbangan Anies, data yang menunjukkan bahwa risiko terjadinya fatalitas dan gejala berat Covid-19 semakin kecil apabila seseorang sudah menerima vaksinasi.

"Jadi kita nanti akan secara bertahap melakukan pembukaan aktivitas dan itu membutuhkan persyaratan vaksinasi," jelas dia.

Reporter: Yunita Amalia dan Nanda Perdana Putra (mdk/noe)

Baca juga:
Perpanjangan PPKM Dinilai Makin Tekan Masa Depan Kelangsungan Usaha
Pemerintah Diminta Fokus Penerapan Protokol Kesehatan Ketimbang Perpanjang PPKM
Pemprov DKI Masih Kaji Sertifikat Vaksin Covid-19 Sebagai Syarat Beraktivitas
Dampak Ekonomi Dipertaruhkan Jika PPKM Diperpanjang
Segera Berakhir, PPKM akan Berlanjut Diperpanjang?
Hari ke-29 Penerapan PPKM di Banten, 3.955 Warga Melanggar Prokes Disanksi Polisi
Jelang PPKM Level 4 Berakhir, Lalu Lintas di Sejumlah Pos Penyekatan DKI Ramai Lancar

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami