Gubernur Anies Serahkan Beasiswa KJMU untuk 5.061 Mahasiswa Jakarta

JAKARTA | 30 September 2019 16:01 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta memberikan beasiswa Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) kepada 5.061 mahasiswa ber-KTP Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, masing-masing mahasiswa penerima KJMU akan mendapatkan dana Rp9 juta per semester.

"Nilai yang diberikan adalah Rp9 juta per semester, jadi satu tahun Rp18 juta. Itu dipakai untuk membayar SPP dan kegiatan lain," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (30/9/2019).

Anies mengharapkan program tersebut bisa memberikan kesempatan yang sama semua mahasiswa, termasuk mahasiswa kurang mampu untuk menuntaskan pendidikan dan menjadi anak-anak berprestasi.

"Jaga nama baik. Jadilah mahasiswa yang berprestasi di ruang kelar dan juga beraktivitas di luar kelas," kata Anies.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Ratiyono menjelaskan syarat menerima KJMU. Di antaranya memiliki indeks prestasi di atas 3,0 dan tidak boleh menerima program beasiswa lain seperti bidikmisi atau lainnya.

"Tidak boleh menerima beasiswa dari institusi lain. Jadi kalau satu, KJMU, satu saja, tidak boleh dari Bidik Misi," kata Ratiyono.

Tahun ini, Pemprov menyerahkan KJMU kepada 5.061 mahasiswa di 90 PTN. Dari 90 PTN itu terdapat 6 PTN di Jakarta dan 84 PTN di luar Jakarta. Sebelumnya pada pada 2018, KJMU diberikan kepada 4.542 mahasiswa yang belajar di 85 PTN. Pada 2017, ada 2.191 penerima.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
Demo Mahasiswa, Gubernur Anies Kirim Ambulans Dikawal Satpol PP
Di Hadapan Kader HMI-KAHMI, Anies Singgung Soal Kualitas Manusia
Dana Hibah Awal untuk Guru PAUD di DKI Jakarta Sebesar Rp 22 Miliar
Soal Hoaks Ambulans, Anies Tak Ingin Habiskan Energi Laporkan Denny Siregar
Sowan ke Anies, Kapolda Metro Bahas Salah Informasi Ambulans DKI Bawa Batu
Belum Ambil Langkah Hukum, Anies Tunggu Hasil Investigasi Petugas Ambulans Cidera

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.