Gubernur Anies Tinjau Lokasi Kebakaran di Kampung Bandan

JAKARTA | 12 Mei 2019 16:22 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi kebakaran di Kampung Bandan, Ancol, Jakarta Utara, Minggu (12/5). Anies menyatakan pemerintah DKI Jakarta akan segera mendata semua korban yang terdampak kebakaran.

"Sekarang kita memastikan api sepenuhnya padam. Kemudian warga tinggal di shelter tanpa ada gangguan dari hujan dan panas, sambil nanti kita bersihkan tempat ini dan ditata ulang nantinya," ujar Anies di lokasi.

Namun, dia belum bisa memastikan apakah warga yang terdampak akan direlokasi atau diberikan bangunan baru. Anies menyatakan akan berkoordinasi dengan PT KAI. Lokasi kebakaran sendiri persis di dekat Stasiun Kampung Bandan.

"Jadi nanti kita akan berbicara, mungkin Senin atau Selasa kita akan berbicara dengan PT KAI yang secara resmi memiliki banyak lahan di tempat ini untuk melihat secara detail situasi dan rencana ke depannya," kata Anies.

Setelah berkoordinasi dengan PT KAI, pihaknya baru akan menentukan langkah yang tepat untuk para korban bencana kebakaran Kampung Bandan.

Terkait dengan kerugian akibat kebakaran, Anies mengaku belum mengetahui detailnya. Namun menurut Anies, banyak dari warga yang kehilangan semua harta akibat rumahnya dilalap si jago merah.

"Bagi masyarakat di sini ini kerugian luar biasa, karena habis (harta) mereka, (yang tersisa) tinggal (yang ada) di badan. (Mereka) meninggalkan tempat tanpa bawa apa-apa, tinggal bawa badan. Jadi mereka semua akan mulai dari nol," kata Anies.

"Jadi kita pemerintah akan membantu meringankan beban mereka dengan memudahkan hal-hal apa yang bisa kita lakukan akan kita kerjakan untuk mereka di sini," kata Anies.

Reporter: Fachrur Rozie

Sumber : Liputan6.com

Baca juga:
Anies Inginkan Penegakan Aturan Pengelolaan Rumah Susun
Cium Ketidakberpihakan Pada Rakyat, KPK Surati Anies Kebijakan Swastanisasi Air
LRT Tinggal Proses Administrasi, Anies Harap Beres Sebelum Lebaran
Anies Konsultasi dengan KPK Terkait Swastanisasi Air
Anies Bagikan Kartu Dasa Wisma PKK, Untuk Pendataan Rumah Tangga

(mdk/ray)