H-1 hingga Lebaran, Sampah Warga Jakarta Mencapai 10 Ribu Ton

H-1 hingga Lebaran, Sampah Warga Jakarta Mencapai 10 Ribu Ton
sampah Jakarta. Merdeka.com/Arie Basuki
JAKARTA | 14 Mei 2021 16:57 Reporter : Ahda Bayhaqi

Merdeka.com - Sampah yang dihasilkan warga Jakarta saat hari raya lebaran mengalami kenaikan dibanding tahun lalu. Jumlah sampah hari pertama lebaran yang dikirimkan ke TPST Bantargebang mencapai 2.142 ton dengan 405 rit truk sampah. Pada H-1 mencapai 8.713 ton dengan 1.580 rit truk sampah.

"Tonase sampah yang dikirim ke TPST Bantargebang beberapa hari sebelum lebaran mengalami kenaikan karena adanya kegiatan pengosongan Dipo dan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) menjelang hari lebaran sehingga diharapkan para supir truk sampah tersebut dapat bersilaturahmi dengan keluarga pada saat Hari Raya Idul Fitri," ujar Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Syaripudin dalam keterangannya, Jumat (14/5).

Data tahun 2020, H-1 tonase sampah mencapai 6.995 ton dengan 1.299 rit truk sampah dan sampah turun drastis pada hari H dengan tonase hanya 2.195 ton dengan ritase 432 rit.

Syaripudin mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup melakukan antisipasi kemungkinan peningkatan tonase tersebut.

"Kita siap. Pola dan strategi operasi sudah kita antisipasi," katanya.

TPST Bantargebang tempat diprosesnya sampah Jakarta tetap beroprasi pada hari Idul Fitri hingga pukul 04.00 WIB dan buka kembali pada pukul 10.00 WIB.

"Per hari ini dwilling time atau waktu rata-rata truk sampah mengantri, menimbang dan menurunkan sampah sampah di sana hanya 3 jam 47 menit. Ini salah satu indikator pengelolaan TPST Bantargebang tetap normal," kata Syaripudin. (mdk/ray)

Baca juga:
Sampah dan Limbah Rumah Tangga Bikin Air Kali Sunter Kehitaman
Ada Wilayah Tak Punya Gerobak Sampah, Anggota DPRD DKI Minta Anies Bijak Soal APBD
Jakarta Utara Mampu Kurangi Sampah Non-ekonomis Sebanyak 40 Ton
Jakarta akan Bangun Empat Tempat Pengolahan Sampah
Tekan Limbah Medis, YLKI Minta Masyarakat Kurangi Penggunaan Masker Sekali Pakai

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami