HUT DKI ke-494 Angkat Tema Jakarta Bangkit, Begini Penjelasan Anies

HUT DKI ke-494 Angkat Tema Jakarta Bangkit, Begini Penjelasan Anies
Anies Baswedan. ©Liputan6.com/Herman Zakharia
JAKARTA | 22 Juni 2021 09:17 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Provinsi DKI Jakarta merayakan hari ulang tahun ke-494 tahun. Tema payang diangkat tahun ini adalah Jakarta Bangkit. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap tema ini sebagai refleksi bagi seluruh warga Jakarta agar terus bangkit menghadapi kondisi tersulit pandemi Covid-19.

Saat memimpin upacara perayaan hari jadi Jakarta, Anies mengingatkan, setiap manusia yang datang ke Jakarta sudah secara sadar tidak akan mudah tinggal di ibu kota. Namun semua kesulitas bisa dihadapi dengan kesiapan mental.

Secara perlahan, kata Anies, orang dengan bekal hidup terbatas mampu terus bertahan di Jakarta atas tekad tangguh yang dimiliki.

"Kota ini menjadi saksi ratusan ribu jutaan orang datang dengan bekal ala kadarnya dan di kota ini kesempatan dibuka sehingga bekal itu telah menjadi kemajuan, terjadi perubahan pada kondisi ekonominya," ucap Anies dalam sambutannya sebagai inspektur upacara di Balai Kota, Selasa (22/6).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu kembali mengingatkan, warga Jakarta memiliki karakter khas yaitu keluar dari zona nyaman untuk menghadapi segala tantangan dan terus bangkit.

Anies optimis masa pandemi Covid-19 yang sulit saat ini akan mampu dihadapi warga. Hal ini belajar dari sejarah masyarakat berbondong-bondong datang ke Jakarta dengan modal ala kadarnya.

"Ini adalah generasi ulet, generasi ini adalah generasi yang sanggup untuk menghadapi tantangan. Allah mentakdirkan angkatan ini menjadi angkatan yang siap menghadapi pandemi," ujar dia.

Anies Ajak Disiplin Prokes

Dia juga mengungatkan disiplin dan tanggung jawab terhadap protokol kesehatan adalah hal utama bagi warga DKI di masa pandemi.

"Kita perlu disiplin kita perlu memastikan bahwa setiap kita menjalankan tanggung jawab dengan sebaik-baiknya tanggung jawab paling kecil yang bisa kita lakukan adalah melindungi diri kita melindungi keluarga kita dengan mengikuti seluruh protokol kesehatan," kata Anies.

Anies percaya, dengan kedisiplinan dan tanggung jawab, Jakarta bisa dengan segera mengendalikan angka pandemi Covid-19 yang terus melonjak.

"InsyaAllah kota Jakarta yang hari ini memperingati hari ulang tahunnya menjadi kota yang makin maju kota yang makin berkembang kota yang makin menjadi kebanggaan bagi semuanya dan InsyaAllah," harap Anies.

Kepada jajarannya, Anies turut mendoakan agar kerja keras mereka terbayar dengan amal jariyah tanpa henti ke generasi mendatang.

"Dirgahayu kota Jakarta, terimakasih kontribusinya dan Insya Allah menjadi amal jariyah dan pahala tanpa henti, semoga Allah SWT merahmati kota Jakarta dan melindungi kita semua," Anies menandasi.

Reporter: M Radityo (mdk/ray)

Baca juga:
Catatan untuk Anies Baswedan di Ulang Tahun ke-494 DKI Jakarta
Anies Baswedan Didesak Perbaiki Testing Tracing dan Treatment
Anies: Dari 100 Orang Positif Covid-19, 25-30 Persen Perlu Penanganan Rumah Sakit
Kasus Covid-19 di Jakarta Melonjak, Anies Diminta Berani Ambil Kebijakan Ekstrem
Kasus Melonjak, Anies Baswedan Diminta Tambah Fasilitas Penanganan Covid-19

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami