Ikuti Aturan PSBB, TPU Karet Bivak Ditutup untuk Ziarah Hingga 4 Juni

Ikuti Aturan PSBB, TPU Karet Bivak Ditutup untuk Ziarah Hingga 4 Juni
JAKARTA | 25 Mei 2020 13:48 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Ritual ziarah banyak dilakukan saat Lebaran. Namun dalam suasana pandemi Corona, Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat tidak menerima pengunjung untuk melakukan ziarah. Hal ini dikarenakan mengikuti aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Pelaksanaan ziarah makam dan pelaksanaan kegiatan di TPU Karet Bivak untuk sementara sesuai arahan pimpinan, pelaksanaan ziarah kita tutup sampai tanggal 4 Juni 2020. Jadi kita batasi ruang gerak dalam rangka mengikuti kebijakan PSBB," kata Kepala TPU Karet Bivak Saiman saat dihubungi, Senin (25/5).

Dalam kebijakan ini, ia pun telah menghubungi para ahli waris yang biasa berkunjung ke makam kalau TPU Karet Bivak ditutup untuk kegiatan ziarah.

"Sudah saya sampaikan kepada seluruh ahli waris lewat pesan singkat (terkait ditiadakannya ziarah di TPU Karet Bivak), saya minta juga petugas-petugas saya untuk menyebarkan di media-media sosial yang mereka punya. Penutupan kegiatan ziarah ke TPU juga telah diberitahukan melalui pemasangan pamflet dan imbauan agar masyarakat tetap di rumah saja mengikuti anjuran Pemerintah dalam rangka memutus mata rantai Covid-19," jelasnya.

Meski demikian, kata Saiman, masih ada pengunjung yang tetap melanggar PSBB dengan datang ke TPU untuk menjalankan tradisi.

"Kami mengimbau agar tidak perlu datang ke TPU, karena sangat rentan jika masyarakat tetap berkerumun. Keberhasilan PSBB kan akan terlihat dari situ untuk memberantas Covid-19. Pada hari ini kondisi di TPU Karet Bivak sudah cukup kondusif. Tidak terlihat masyarakat berkerumun untuk melakukan ziarah makam," pungkasnya. (mdk/bal)

Baca juga:
Polda Jabar Sekat Arus Lalin, Halau Pemudik Balik ke Jakarta
Lebaran Hari Kedua, 37 Ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta
Semua Wisata Pantai di Banten Ditutup, Polda Kerahkan 146 Anggota Jaga Lokasi
Antrean Mengular Jemaah Salat Id di Bangladesh
Libur Lebaran, Gubernur minta Warga Padang Tidak Berwisata Dulu

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5