Imbas Aksi 22 Mei, Rute Bus Transjakarta Masih Alami Pengalihan dan Pemangkasan

JAKARTA | 25 Mei 2019 10:39 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur Utama (Dirut) PT Transjakarta Agung Wicaksono menyatakan pasca-aksi 22 Mei, layanan bus Transjakarta masih mengalami pengalihan dan perpendekan rute.

Untuk koridor 1 rute masih dialihkan dari Blok M putar dari Hotel Indonesia (HI) bergabung dengan koridor 4 masuk ke halte Halimun-Manggarai traffic light (TL) Matraman belok kiri bergabung dengan koridor 5 masuk ke halte Salemba-Pal Putih-Juanda-Harmoni-Kota.

"Untuk arah sebaliknya melewati rute yang sama dikarenakan di Sarinah jalur masih ditutup kawat berduri," ucap Agung dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Sabtu (25/5).

Untuk koridor 2, rute dari Harmoni arah Pulogadung dialihkan melewati Juanda-Pasar Baru-Lapangan Banteng -Pejambon-Kwitang-Pulogadung. Sebab di Patung Kuda masih ditutup kawat berduri dan arah Harmoni normal.

Lalu rute 6B Ragunan-Monas via Semanggi diperpendek hanya sampai halte Tosari. Sama halnya dengan itu, Rute 1A PIK-Balaikota diperpendek hanya sampai halte Harmoni. Rute 1N Tanah Abang-Blok M hanya sampai Tosari. Serta Rute 9D Pasar Minggu-Tanah Abang dilakukan perpendekan hanya sampai Tosari.

Yang dilakukan stop beroperasi yakni rute DA2 Dukuh Atas-Tanah Abang, DA 4 Dukuh Atas-Kota, 1B Palmerah-Tosari dan 1F Palmerah-Bunsen. Kemudian Koridor 9 untuk jalur sebelum halte Senayan JCC arah Pluit dialihkan masuk tol karena jalur mendekati gedung DPR MPR ditutup kawat berduri.

(Rute 4A Tugas-Grogol) dialihkan dari Jalan Imam Bonjol belok kanan Jalan Moh Yamin belok kiri Graha mandiri ke kanan Jalan Imam Bonjol kemudian arah Tosari. Sedangkan rute 5A Kampung Melayu-Grogol dialihkan melewati Matraman-Senen-Juanda-Harmoni-Grogol dan arah sebaliknya melewati rute yang sama.

Selanjutnya rute S41 Pondok Cabe-Tanah Abang perpendekan rute hanya sampai TVRI dan rute 1H Tanah Abang-Gondangdia dialihkan melewati Jalan Agus Salim-Kebon Sirih-TL BI-Tanah Abang.

Kemudian, rute 1P Senen-Bundaran Senayan (Bunsen) ada pengalihan rute dari Senen bergabung dengan koridor 5 Jalan Salemba Raya-TL Matraman belok kanan bergabung dengan koridor 4 Manggarai-Dukuh Atas-Jalan Sudirman-Bunsen untuk arah sebaliknya melewati rute pengalihan yang sama.

Selanjutnya, rute T11 Poris-Bunsen untuk arah Poris sebelum halte Senayan JCC dialihkan masuk tol karena jalur mendekati gedung DPR/MPR ditutup kawat berduri.

Reporter: Ika Defianti

Baca juga:
Update Layanan KRL, TransJakarta dan MRT di Jakarta Hari ini Pasca Aksi 22 Mei
Ada Aksi 22 Mei, Transjakarta Setop Operasional Menuju Tanah Abang
Ada Aksi 22 Mei di Gedung Bawaslu, Ini Rute Pengalihan Transjakarta
Ada Aksi depan Bawaslu, Rute Transjakarta Arah Kota Dialihkan
LRT Jakarta Beroperasi Setelah Jembatan Terintegrasi Transjakarta Selesai

(mdk/ray)