Ini Bukti Penghasilan PNS DKI Paling Makmur Hingga Jadi Incaran Pelamar

JAKARTA | 21 November 2019 06:00 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 telah dibuka hingga 24 November 2019. Salah satu yang ramai peminatnya adalah di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Bukan tanpa sebab, karena menjadi PNS DKI Jakarta sangat menggiurkan dari segi kesejahteraan.

"Motivasi orang berbondong-bondong ingin ke DKI karena kaitan dengan TKD dan kesejahteraannya lebih baguslah," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir saat dihubungi, Rabu (20/11).

Berikut ini fakta penghasilan PNS DKI paling makmur:

1 dari 3 halaman

Golongan III-B mendapat Penghasilan Rp28 Juta

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir mengatakan PNS DKI yang telah mendapat jabatan struktural di Pemprov DKI, gajinya bisa mencapai Rp28 juta dengan golongan III-B atau setidaknya sudah empat tahun bekerja. Sebab secara komponen tunjangan mengalami kenaikan.

2 dari 3 halaman

Penghasilan Golongan III-A mencapai Rp19 Juta

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir mengatakan PNS lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dengan golongan III-A mendapatkan gaji sebesar Rp2.579.000. Sedangkan untuk tunjangan kinerja dan yang lainnya biasanya disesuaikan dengan kemampuan APBD dan kebijakan instansi.

Sedangkan untuk di DKI Jakarta, kata Chaidir, tunjangan kerja daerah (TKD) sebesar Rp17.370.000 dengan standar kinerja sebagai jabatan fungsional umum teknis terampil.

"Sehingga total yang diterima oleh STPDN (IPDN) yang baru menjadi PNS 100 persen bila bertugas di DKI Jakarta akan menerima total gaji sebesar Rp19.949.000," kata Chaidir.

3 dari 3 halaman

CPNS DKI Jakarta Tembus 13 Ribu

Dengan gaji ditambah tunjangan yang menggiurkan membuat CPNS yang mendaftar di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta hingga kini sudah menembus 13 ribu orang. Formasi yang paling banyak diminati pendaftar bidang pendidikan dan tenaga kesehatan seperti perawat hingga bidan.

"Jumlah pelamar sampai saat ini sudah mencapai 13.416 orang," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Chaidir saat dihubungi, Selasa (19/11).

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta membuka penerimaan CPNS 2019 sebanyak 3.958 orang, dengan rincian tenaga pendidikan 2.064, tenaga kesehatan 629, tenaga administrasi dan teknis 1.265. (mdk/dan)

Baca juga:
Fakta-Fakta Mengejutkan Seputar Penerimaan CPNS
Ombudsman Minta Daerah Ikuti Aturan Soal CPNS Penyandang Disabilitas
Temuan Ombudsman, Ada Diskriminasi di Penerimaan CPNS
Pendaftar CPNS DKI Jakarta Tembus 13 Ribu
Jumlah Pelamar CPNS 2019 Diharapkan Lebih Besar dari 2018
Jokowi Panggil MenPAN-RB Minta Proses Penerimaan CPNS Diperbaiki