Ini Skema Polisi Cegah Takbir Keliling dan Berkerumun Mulai Pukul 18.00 WIB

Ini Skema Polisi Cegah Takbir Keliling dan Berkerumun Mulai Pukul 18.00 WIB
Apel pengamanan malam takbiran di Ibu Kota. ©2021 Merdeka.com/Bachtiarudin Alam
JAKARTA | 12 Mei 2021 17:36 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya menerjunkan 1.024 personel gabungan untuk mengamankan kondisi ibu kota saat malam takbiran hari Raya Idulfitri 1442 H. Langkah ini untuk mencegah terjadinya kerumunan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran ketika berikan pengarahan pada apel pengamanan malam takbir operasi Ketupat Jaya 2021 yang turut dihadiri Pangdam Jaya Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

"Terdapat 1.024 personel yang terbagi di 20 titik pengamanan," kata Fadil, Rabu (12/5).

Fadil menjelaskan, terdapat dua skema yang akan diterapkan. Yakni filterisasi kendaraan dan crowd free night di wilayah Ibu Kota Jakarta.

Pukul 18.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, dilakukan filterisasi kendaraan.

"Di mana apabila kita menemukan kendaraan yang hendak melaksanakan takbir keliling diberikan pengarahan diberikan edukasi, dan diarahkan untuk kembali ke rumah masing-masing," katanya.

Pukul 22.00 WIB, diterapkan konsep crowd free night. Semua yang tidak ada kepentingan di jalan dan tidak dapat menunjukan alasan tepat dan dapat timbulkan kerumunan akan ditindak.

"Maka langsung dintindak untuk kembali ke rumah masing- masing," tambahnya.

Fadil menjelaskan penerapan crowd free night ini akan dilakukan apabila ditemukan sejumlah orang yang berkumpul lebih dari lima orang atau tidak memiliki tujuan yang jelas akan di imbau agar kembali kerumah.

"Mudah-mudahan ini bisa dilaksanakan dengan baik karena model filterisasi dan crowd free night sudah pernah kita kerjakan di malam tahun baru dan pengamana sahur on the road dan semua dapat dipahami oleh masyarakat dengan baik," imbaunya.

Untuk pengamanan malam takbiran, petugas akan berfokus pada beberapa titik yang berpotensi timbulkan keramaian diantaranya seperti jalan-jalan utama maupun setra ekonomi seperti.

Lebih lanjut, dalam pelaksaan apel kali ini pun selain diikuti personel Polri dan TNI, turut juga dihadiri para personel dari Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, diantaranya dari Dishub DKI, Satpol PP DKI, maupun Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI. (mdk/noe)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami