Mengenang Sekda DKI Saefullah

Inspirasi Bang Ipul: Peduli Pendidikan Tinggi dan Silat Betawi

Inspirasi Bang Ipul: Peduli Pendidikan Tinggi dan Silat Betawi
JAKARTA | 18 September 2020 09:00 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Awan kelabu menggelayuti kota Jakarta pada dua hari lalu (16/9). Rabu siang, Dr H Saefullah MPd (56), Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mengembuskan napas terakhir di RSPAD Jakarta.

Almarhum menambah daftar panjang pasien meninggal dunia akibat Covid-19. Sebuah penghormatan terakhir digelar untuk mendiang Saefullah di Balai Kota, yang dipimpin langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Pak Saefullah meninggalkan keteladanan. Bagi kita semua di sini, bukan sekadar kolega, teman kerja, tapi juga sahabat. Bagi yang yunior beliau dipandang sebagai ayah. Tanggung jawab kita sekarang meneruskan yang beliau kerjakan, meneruskan kebaikan-kebaikan yang almarhum torehkan di Balai Kota, di Pemprov DKI Jakarta,” ujar Gubernur Anies dengan terbata-bata.

Bagai petir di siang bolong, kepergian Saefullah memang mengagetkan warga Jakarta, khususnya masyarakat Betawi. Bang Ipul, panggilan akrab mendiang, adalah anak Betawi asal Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara.

Kepergian Bang Ipul meninggalkan lubang besar bagi masyarakat Betawi. Karena ketokohannya terutama bagi generasi muda Betawi. Di masyarakat Betawi, almarhum menjadi teladan, karena aktif di banyak komunitas dan organisasi sosial/keagamaan, seperti menjadi Ketua NU DKI Jakarta.

Almarhum juga anggota Dewan Pakar Gerbang Betawi, Ketua Dewan Pembina Asosiasi Pencak Silat Tradisional Betawi Indonesia (Astrabi), Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), dan sebagainya.

Ahmad Buchori, Ketua Forum Jurnalis Betawi (FJB), mengatakan Saefullah merupakan teladan bagi orang Betawi yang memiliki karir cemerlang dengan jabatan ASN tertinggi di Pemprov DKI Jakarta, Sekretaris Daerah (sekda), sejak 2014. Total empat gubernur dilayani almarhum, mulai dari Gubernur Joko Widodo hingga Anies Baswedan.

“Bagi orang Betawi khususnya, adalah kehilangan sangat besar karena almarhum merupakan tokoh anutan bagi anak-anak muda yang menempuh karir di pemerintahan daerah. Beliau menjadi inspirasi bagi generasi muda Betawi yang bercita-cita menjadi petinggi di DKI Jakarta,” ujar Buchori pada Merdeka.com, kemarin.

Inspirasi Generasi Muda

Menurutnya, inspirasi generasi muda Betawi ini tidaklah putus sepeninggal Saefullah, sehingga FJB berharap Gubernur Anies bisa menunjuk orang Betawi juga sebagai pengganti almarhum sebagai sekretaris daerah.

Anwar Al-Betawie, Ketua Umum Astrabi, mengaku menangis begitu mendapat kabar duka ini. Karena Bang Ipul termasuk pendiri dan Ketua Dewan Pembina Astrabi.

“Masyarakat Betawi sangat kehilangan. Bang Ipul mentor aye dan orangnya bersahaja sekali,” ucapnya.

Baca Selanjutnya: Sosok Sekda yang Dipercaya 4...

Halaman

(mdk/sya)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami