Jadikan Monas Lintasan Formula E, Anies Pastikan Tak Ada Penebangan Pohon

JAKARTA | 20 September 2019 21:25 Reporter : Hari Ariyanti

Merdeka.com - Kawasan Monas akan dijadikan lintasan balap Formula E atau Jakarta E Grand Prix. Jakarta akan menjadi tuan rumah lomba balap ini pada Juni 2020 mendatang. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memastikan pembangunan lintasan Formula E di Monas tak akan mengorbankan pohon-pohon yang ada termasuk situs lainnya yang telah ada di sekitarnya.

"Ada satu hal yang selalu disampaikan terkait komitmen kita bersama-sama. Nomor satu kita sesedikit mungkin mengganggu tanaman yang ada. Jadi insyaallah tidak ada pohon-pohon yang harus dipotong di sini," jelasnya saat konferensi pers di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (20/9) petang.

Komitmen lainnya yaitu meminimalisir perubahan rute lalu lintas. Selain itu juga meminimalisir biaya tambahan untuk membangun trek.

"Jadi tiga prinsip itu yang kita pakai," ujarnya.

Anies menyampaikan, tim Formula E pernah membangun lintasan di kawasan cagar budaya di Paris. Mereka memiliki metode dengan melapisi kawasan tersebut dan kemudian dibuka lagi.

"Kalau di kita ini bukan cagar budaya. Ini baru dibikin beberapa tahun yang lalu ini," ujarnya.

Dia mengatakan saat pembangunan lintasan, kawasan Monas akan ditutup tapi tak akan lama sekitar sepekan. Menurutnya waktu sepekan hanya sebentar dibandingkan dengan penutupan saat berlangsung sidang sengketa Pilpres di Mahkamah Konstitusi dan saat terjadi rusuh di sekitar Bawaslu pada Mei dan Juni lalu.

Trek lintasan akan diumumkan selanjutnya setelah desain rampung dikerjakan. Selain itu akan diumumkan apakah akan ada penutupan jalan atau tidak saat Formula E berlangsung.

"Karena kalau dengan perhitungan sampai dengan sekarang insyaallah tidak akan terlalu mengganggu lalu lintas," jelasnya.

(mdk/eko)