Jakarta Keluar dari 10 Besar Kota Termacet di Dunia

Jakarta Keluar dari 10 Besar Kota Termacet di Dunia
Bundaran HI. ©2012 Merdeka.com
JAKARTA » BANYUWANGI | 17 Januari 2021 15:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - DKI Jakarta saat ini telah keluar dari 10 negara dengan kota termacet di dunia. Ini berdasarkan unggahan Pemprov DKI hasil dari lembaga TomTom Traffic Index.

"Menurut TomTom Traffic Index terbaru, Jakarta keluar dari 10 besar kota termacet di dunia. Kini, Jakarta berada di posisi ke 31 dari total 416 kota lain, yang berarti kemacetan semakin berkurang," seperti dikutip dari instagram @dkijakarta pada Minggu (17/1).

Pemprov DKI juga menjelaskan hasil penilaian tingkat kemacetan tahun 2020 yang kini berada di angka rata-rata 36 persen.

Bahkan, hasil tesebut berkurang bila dibandingkan tahun 2019, kemacetan di Ibu Kota mencapai 53 persen dan berada di peringkat 10 kota termacet.

"Sejak tahun 2017 peringkat Jakarta terus membaik hingga tahun ini keluar dari 10 besar," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan adanya penurunan penumpang akibat pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pengetatan pada hari pertama, Senin (11/1).

"Secara keseluruhan kinerja lalu lintas turun. Dibandingkan dengan hari yang sama pada Minggu lalu, Senin 4 Januari 2021, volume lalu lintas turun 3,86 persen," kata Syafrin melalui keterangan tertulisnya, Selasa (12/2).

Selain itu kata dia, terjadi juga penurunan jumlah penumpang perkotaan sebesar 6,63 persen. Jumlah tersebut terdiri dari penumpang Transjakarta sebesar 1,88 persen.

Lalu, penumpang MRT Jakarta sebesar 10,13 persen, pengguna KRL menurun 10,83 persen, dan KA Bandara sebesar 40,91 persen.

"Sedangkan untuk penumpang LRT Jakarta mengalami peningkatan sebesar 0,92 persen," jelas Syafrin.

Reporter: Ika Defianti (Liputan6.com) (mdk/did)

Baca juga:
Atasi Kemacetan, Menhub Ingin Hotel di Puncak Punya Armada Bus Sendiri
Kemacetan di Puncak Disebut Tak Bisa Diselesaikan Hanya dari Transportasi
Natal di Tengah Pandemi, 356.000 Kendaraan Tinggalkan Jakarta
Kemenhub akan Buka Rute Penyeberangan Banyuwangi-Lombok Saat Natal
Tersangkut Separator, Sedan BMW Bikin Macet MH Thamrin

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami