Jakarta Kembali Diprediksi Tenggelam, Ini Tanggapan Walhi

Jakarta Kembali Diprediksi Tenggelam, Ini Tanggapan Walhi
banjir bundaran hi. ©2013 Merdeka.com/arie basuki
JAKARTA | 31 Juli 2021 19:00 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - Presiden AS Joe Biden menyebut proyeksi tentang Jakarta yang diperkirakan bakal tenggelam dalam 10 tahun ke depan. Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jakarta, Tubagus Soleh Ahmadi menilai kemungkinan buruk bisa itu terjadi akibat dampak darurat iklim.

"Bisa jadi itu adalah kemungkinan buruk yang bisa terjadi di banyak wilayah, akibat dampak darurat iklim, dan kita tahu Indonesia sendiri terus menghasilkan emisi rumah kaca (yang terus memperparah perubahan iklim) dengan membangun PLTU-PLTU Baru," katanya lewat pesan, Sabtu (31/7).

Jakarta sendiri, kata dia, merupakan kota yang rentan akibat perubahan Iklim. Terutama terjadi di wilayah-wilayah yang terus mengalami penurunan muka tanah atau ambles yang disebabkan ekstrasi air tanah yang berlebihan.

"Ahli-ahli di Indonesia sendiri sudah banyak yang memprediksi Jakarta akan tenggelam, jika tidak ada upaya serius menghentikan kerusakan lingkungan dan menekan laju perubahan iklim," ucapnya.

"Kemungkinan buruk bisa saja terjadi karena di situasi darurat iklim saat ini. Banyak anomali cuaca yang tidak bisa diprediksi dan ini salah bukti bahwa akan sulit memprediksi dampak dari perubahan iklim, bisa terjadi sangat cepat," tambahnya.

Menurutnya, upaya pemerintah pusat dan pemprov DKI belum belum cukup maksimal guna menghentikan kerusakan lingkungan dan menekan laju perubahan iklim yang berdampak buruk.

Kata dia, rencana aksi penurunan emisi Pemprov DKI belum berjalan secara cepat. Dia bilang, di tengah situasi ini perlu kebijakan dan aksi penurunan emisi secara cepat termasuk upaya pemulihan. Sebab, upaya pemulihan adalah bagian dari pengurangan resiko bencana yang akan terjadi.

Sementara, pemerintah pusat masih menganggap enteng isu perubahan Iklim. Terlebih, Indonesia adalah salah satu negara yang belum mendeklarasikan negaranya darurat iklim.

"Upaya penurunan emisi selain tidak serius juga tidak ambisius, dibuktikan dengan rencana pemerintah yang terus membangun PLTU Baru. Sedangkan kita tahu salah satu penyumbang emisi terbesar di Indonesia adalah sektor energi, yakni PLTU," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyebut proyeksi tentang Jakarta yang diperkirakan bakal tenggelam dalam 10 tahun ke depan.

Hal itu ia sampaikan dalam sebuah pidato sambutannya kepada para pemimpin badan intelijen di AS, di mana isu perubahan iklim merupakan salah satu pembahasannya.

Dikutip dari situs resmi White House, whitehouse.gov pada Jumat (30/7) Biden mulai membahas isu perubahan iklim dengan menyampaikan bagaimana masalah tersebut memiliki dampak berbahaya yang sama terhadap semua negara.

"Tantangan iklim telah mempercepat ketidakstabilan di negara kita sendiri dan di seluruh dunia. Peristiwa cuaca ekstrem yang lebih umum dan lebih mematikan; kerawanan pangan dan air; naiknya permukaan laut, mengakibatkan perubahan iklim dan mendorong migrasi yang lebih besar dan menimbulkan risiko mendasar bagi komunitas yang paling rentan," kata Biden.

Biden selanjutnya menyinggung proyeksi tentang DKI Jakarta, yang diperkirakan bakal tenggelam dalam 10 tahun ke depan dan kemungkinan Indonesia harus memindahkan ibu kotanya.

Tapi apa yang terjadi, apa yang terjadi di Indonesia jika proyeksinya benar bahwa, dalam 10 tahun ke depan, mereka mungkin harus memindahkan ibu kotanya karena mereka akan berada di bawah air?" imbuhnya.

"Itu penting. Ini adalah pertanyaan strategis sekaligus pertanyaan lingkungan," jelas Biden. (mdk/ded)

Baca juga:
Wagub DKI Sanggah Joe Biden: Jakarta Tidak Tenggelam 10 Tahun Lagi
Biden Proyeksi Jakarta Bakal Tenggelam 10 Tahun Mendatang
Realisasi Anggaran Pengendalian Banjir Jakarta di Tahun 2020 Paling Kecil
Anggota DPRD Kenneth Minta Pemprov DKI Tak Lupakan Banjir di Tengah Pandemi
Pengerukan Lumpur di Kali Grogol

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami