Jangan Lupakan Olahraga Meski Aktivitas Lebih Dominan di Rumah Karena Pandemi

Jangan Lupakan Olahraga Meski Aktivitas Lebih Dominan di Rumah Karena Pandemi
JAKARTA | 13 Agustus 2020 05:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Masyarakat diminta tetap memperhatikan kesehatan meski aktivitas menjadi terbatas akibat pandemi Covid-19. Selain menerapkan protokol kesehatan, hal lain yang tetap penting dilakukan adalah rutin berolah raga.

Dr Andhika Raspati, SpKO, spesialis sports medicine atau dokter olahraga, mengatakan aktivitas olahraga tak harus dilakukan di luar rumah. Pilihan olah raga di dalam rumah yang bisa dilakukan adalah latihan kardio, yaitu kegiatan olah tubuh yang bertujuan untuk memperkuat jantung dan paru-paru misalnya treadmill, sepeda, lompat tali. Kedua, aspek strength atau kekuatan yang melatih kekuatan otot seperti sit up, push up, squad, dan angkat besi. Terakhir, aspek fleksibilitas yang berhubungan dengan ruang gerak seperti stretching dan yoga untuk memaksimalkan ruang gerak agar badan tidak menjadi kaku.

"Anjuran tetap di rumah membuat hampir semua kegiatan dilakukan work from home (WFH) bagi pelajar, siswa maupun pekerja. Hal tersebut mau tidak mau membuat kita akan lebih sering lagi berjam-jam menghabiskan waktu duduk di depan layar laptop kita. Duduk yang terlalu lama dalam jangka panjang ternyata bisa memicu risiko berbagai penyakit," kata Dokter Dhika, sapaannya, saat berbincang dengan merdeka.com. Rabu (12/8).

Menurutnya, orang yang duduk terlalu lama bisa meningkatkan resiko terkena penyakit.

Tetapi, bila lebih menyukai olahraga di luar rumah, harus menerapkan dan memerhatikan protokol kesehatan.

"Seperti jogging yang harus menjaga jarak dengan orang lain dan jika memungkinkan untuk mencari tempat yang tidak terlalu ramai. Untuk olahraga yang ada kontak tangan seperti bermain basket yang mengharuskan bergantian memegang bola dan nge-gym yang menyentuh alat-alat olahraga, sebisa mungkin untuk tidak sembarangan menyentuh wajah dan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer," katanya.

Selain berolaraga, dokter Dhika jug memberikan tips menjaga kesehatan yang bisa dilakukan di rumah selama pandemi, antara lain:

1. Menjaga aktivitas fisik kita bisa dengan latihan sederhana, jangan sampai jadi 'mager' tapi juga jangan latihan yang berlebihan.

"Jangan mager maksudnya selain olahraga tapi juga maksimalkan gerakan yang non olahraga, contohnya beres-beres rumah, mencuci piring, menyapu, mengepel. Intinya memastikan diri gak duduk dan rebahan seharian," jelas dokter Dhika.

2. Penting untuk menjaga nutrisi. Usahakan makan makanan makro dan mikro nutrisi seimbang untuk membantu sistem imun agar tetap bagus. Makro nutrisi adalah zat makanan yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak dan berperan sebagai bahan utama dari produksi energi dalam tubuh, seperti karbohidrat, protein,dan lemak.

"Sedangkan mikro nutrisi dibutuhkan sebagai pelengkap makro nutrisi, seperti vitamin, kalsium, dan mineral," katanya.

3. Tidak hanya kondisi fisik saja yang perlu diperhatikan, kesehatan mental juga harus diperhatikan. Penting bagi kita untuk jangan sampai stres, misalnya stres dan cemas karena pandemi. Sebab hal itu bisa membuat imun tubuh kita menjadi turun. Ada baiknya, menemukan hobi baru di tengah pandemi bisa menjadi salah satu menghindari stres seperti melakukan kegiatan berkebun.

Reporter magang: Febby Curie Kurniawan (mdk/lia)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami