Jaring diangkat, pencarian buaya Grogol dihentikan sementara

JAKARTA | 1 Juli 2018 01:45 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kepala Seksi Wilayah 2 Balai Konservasi Sumber Daya Alam ‎(BKSDA) DKI Jakarta, Bambang Yudi menegaskan pencarian kawanan buaya di wilayah Kali Grogol, Jakarta Barat dihentikan untuk sementara. Sore tadi, jaring untuk menghalau buaya yang dipasang di Kali Grogol sudah diangkat petugas.

"Dihentikan dulu untuk sementara, supaya keadaan tenang dulu," kata Bambang Yudi saat dikonfirmasi, Sabtu (30/6/2018).

Meski pemburuan buaya dihentikan, Bambang memastikan Kali tersebut tetap dipantau oleh petugas. "Tetap kita pantau, enggak dibiarkan begitu saja," katanya.

"Petugas grup satu menyisir sampai perbatasan Citraland itu sudah berlumpur semua di situ, jadi enggak mungkin ada buaya di situ. Sedangkan menyusuri di perbatasan Jelambar, di sana ada pintu air turun air, petugas bilang tidak pernah temukan buaya," kata Bambang.

Bambang menduga buaya sudah pergi dari Kali Grogol dan menuju laut atau muara.

"Pada petugas saya tanya apakah ada turab atau pintu air yang menutup yang menghalangi buaya pergi dari situ. Nah ternyata memang tidak ada batas, jadi los, sampai jauh, yang satu ke muara angke. Jadi dimungkinkan ke laut," jelasnya.

Menurut Bambang, setelah ditelusuri beberapa ini buaya yang dicari tidak juga menampakkan diri. Petugas akan menunggu beberapa hari lagi sambil terus memantau keberadaan buaya.

"Kalau dalam 4-12 hari tidak muncul berarti sudah berpindah buayanya," ucapnya.

Reporter: Delvira Hutabarat
Sumber: Liputan6.com (mdk/ded)

Baca juga:
Warga temukan buaya mati di kawasan Roxy Jakarta Barat
Anies imbau warga tak sebar kabar hoaks soal buaya di perairan DKI
4.150 Pasukan oranye dan Damkar dikerahkan cari buaya perairan DKI
Antusiasme warga tonton pencarian buaya di Kali Grogol
Sempat tertangkap, buaya di Kali Grogol lepas lagi
3 Ekor buaya berada di Kali Grogol sejak seminggu lalu

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.