Jejak Manis Anies di Tahun Terakhir Jadi Gubernur DKI

Jejak Manis Anies di Tahun Terakhir Jadi Gubernur DKI
Jokowi serahkan piala ke pemenang Formula E Jakarta. ©Liputan6.com/Herman Zakharia
JAKARTA | 22 Juni 2022 08:27 Reporter : Yunita Amalia

Merdeka.com - Tepat 22 Juni 2022, Jakarta genap berusia 495 tahun. Di tahun ini pula, merupakan tahun terakhir Anies Baswedan menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Oktober 2022, Anies resmi purna tugas sebagai orang nomor 1 di Jakarta. Posisi gubernur DKI akan diisi seorang penjabat. Hingga Pilkada serentak kembali digelar pada November 2024.

Sejumlah kebijakan dan gebrakan dilakukan oleh Anies sepanjang tahun ini. Mulai dari peresmian stadion JIS hingga perhelatan Formula E. Berikut dirangkum merdeka.com, Rabu (22/6):

2 dari 5 halaman

Peresmian Jembatan Pinisi

pinisi rev1

Pada Kamis 10 Maret, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan jembatan penyeberangan orang dan sepeda ala Kapal Pinisi. Jembatan ini membentang di Jalan Sudirman, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat.

Jembatan ini dirancang untuk jembatan orang dan pesepeda. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyampaikan bahwa merancang desain dan konsep untuk revitalisasi jembatan ini sudah dilakukan pada 2018 hingga awal 2019.

Setelah konsep sudah cukup matang, revitalisasi mulai dikerjakan. Namun, kegiatan konstruksi ditunda akibat pandemi Covid-19.

3 dari 5 halaman

Revitalisasi 46 Halte Transjakarta

halte transjakarta rev1

Di awal kuartal kedua, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) merevitalisasi 46 halte dengan alokasi anggaran Rp600 miliar. Dari jumlah halte yang akan direvitalisasi, 4 halte didesain dengan memiliki ciri khas yang ikonik, dan 4 halte terintegrasi dengan moda transportasi KRL, atau MRT.

Untuk 4 halte yang akan direvitalisasi dengan ciri khas yang ikonik yaitu Halte Dukuh Atas, Halte Sarinah, Halte Tosari, dan Halte Bundaran Hotel Indonesia (HI). Sedangkan 4 halte terintegrasi ada pada Halte Cawang-Cikoko, Halte Jatinegara, Halte Kebon Pala, dan Halte Juanda.

Tebet Eco Park

Taman seluas 7 hektar yang berada di Tebet, Jakarta Selatan, dulu dikenal dengan Taman Honda. Taman ini kemudian direvitalisasi di diproyeksikan sebagai taman multifungsi, yaitu sebagai zona hijau dan zona biru. Pada 23 April, taman yang sudah rampung direvitalisasi diresmikan dan dibuka kembali untuk umum.

4 dari 5 halaman

Jakarta International Stadium (JIS)

stadium jis rev1

Stadion megah di Tanjung Priok, Jakarta Utara ini menjadi bangunan yang sering dipamerkan Anies di ujung masa jabatannya. Bangunan yang berdiri di atas luas tanah 221.000 meter persegi itu dapat menampung 82.000 orang.

JIS kemudian dijadikan sebagai lokasi salat Idulfitri 1443 Hijriah. Sejumlah politikus melaksanakan salat berjamaah di sini seperti Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Perdagangan.

Agenda salat Idulfitri di JIS kemudian menuai analisa dari berbagai pihak bahwa langkah tersebut merupakan langkah politik Anies dalam Pilpres 2024.

5 dari 5 halaman

Formula E

rev1

Ajang balap mobil listrik ini, dalam kurun 3 tahun berturut-turut sejak diumumkan pada 2018 kerap menuai kritik dan kontroversi. Formula E tidak masuk dalam rencana kerja Pemprov DKI, dan bukan program prioritas. Proses pendanaan untuk menggelar acara ini tak pernah sepi dari kritik tajam.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bahkan menyampaikan agar Pemprov DKI mengkaji ulang kalkulasi pendanaan Formula E yang diklaim Pemprov akan mendatangkan keuntungan.

Pemilihan tempat juga menjadi sorotan publik lantaran di awal pemilihan lokasi, kawasan Monumen Nasional (Monas) menjadi kawasan yang diproyeksikan menjadi sirkuit.

Namun rencana ini ditolak pemerintah pusat karena merupakan kawasan Cagar Budaya. Hingga Kawasan Ancol menjadi tuan rumah Formula E yang digelar Sabtu 4 Juni 2022. (mdk/rnd)

Baca juga:
Jika Alamat di KTP Termasuk Nama Jalan yang Diubah, Ini Penjelasan Dukcapil DKI
Unggah Foto Bersama di Formula E, Anies: Selamat Ulang Tahun Presiden Jokowi
Penjelasan Jakpro soal Kurang Bayar Rp90,7 Miliar untuk Formula E
CEK FAKTA: Hoaks Foto Anies Baswedan Pesta Pora dan Makan-Makan
Taufik Ungkap Isi Pembicaraan dengan Anies Baswedan di Rumah Dinas
M Taufik Kumpul Bareng Kader NasDem dan Anies Baswedan, Bahas Apa?

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini