Jelang Wacana New Normal, Masjid Istiqlal Belum Gelar Salat Jumat

Jelang Wacana New Normal, Masjid Istiqlal Belum Gelar Salat Jumat
JAKARTA | 29 Mei 2020 09:52 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Masjid Istiqlal belum menggelar Salat Jumat jelang penerapan The New Normal. Dalam wacana tersebut, salah satunya diatur tentang relaksasi di rumah ibadah.

"Istiqlal masih tutup," kata Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dikonfirmasi, Jumat (29/5).

Pun demikian layanan ibadah lainnya belum digelar di masjid terbesar se-Asia Tenggara tersebut.

Istiqlal di hari-hari sebelum adanya Covid-19 kerap membuka berbagai layanan ibadah, termasuk juga menerima kunjungan wisatawan dari dalam negeri dan mancanegara.

"Belum ada pelayanan ibadah dalam bentuk apapun," katanya.

Istiqlal juga sudah sejak lama ditutup aksesnya bagi umum untuk menekan potensi penularan virus corona jenis baru SARS-CoV-2.

Sehari sebelum Abu dikonfirmasi, Menteri Agama Fachrul Razi akan mengumumkan normal baru soal tempat ibadah pada Jumat (29/5) sore yang arahnya memfungsikan kembali tempat umat untuk beribadah.

"Rencana kami akan menerbitkannya besok Jumat sore. Kenapa Jumat sore? Karena yang agak komplek adalah mempersiapkan Salat Jumat," kata Menag.

Dia mengatakan pengumuman pada Jumat sore itu agar ada kesiapan setiap pihak melaksanakan Jumatan pada pekan berikutnya sehingga tidak ada efek buru-buru menyesuaikan kebijakan baru.

"Sehingga kalau Jumat sore kami umumkan masih ada satu pekan untuk mempersiapkan pada Jumat berikutnya. Mudah-mudahan ini kebijakan yang cukup adil," katanya.

Persoalan relaksasi tempat ibadah, kata dia, sudah dipaparkan kepada Presiden Joko Widodo yang juga meminta Menag agar menginformasikan hal tersebut kepada media.

Fachrul mengatakan kewenangan relaksasi diupayakan agar sampai pada tingkat kecamatan agar lebih adil dalam memberlakukan pelonggaran. Seperti diberitakan Antara. (mdk/rhm)

Baca juga:
Terapkan Protokol Kesehatan, Masjid di Batam Mulai Gelar Salat Jumat
Pembatasan di Mekkah Dilonggarkan 31 Mei, Salat Jumat di Masjidil Haram Diperbolehkan
Salat Jumat saat New Normal
MUI Kaji Salat Jumat Tiga Gelombang

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5