Jemaah Ingin Salat Iduladha di JIS Diimbau Vaksin Booster dan Pakai Masker

Jemaah Ingin Salat Iduladha di JIS Diimbau Vaksin Booster dan Pakai Masker
Gubernur DKI Anies Baswedan Salat Idulfitri di JIS. ©2022 Merdeka.com
JAKARTA | 7 Juli 2022 09:21 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemprov DKI Jakarta akan menggelar salat Iduladha di Jakarta International Stadium (JIS) pada Minggu 10 Juli 2022 mendatang. Pemprov DKI Jakarta mengimbau warga yang ingin berpartisipasi untuk melengkapi vaksin booster dan tetap memakai masker.

Plh. Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko mengatakan, pelaksanaan salat Iduladha berjamaah ini telah melalui koordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) DKI Jakarta dan Dewan Masjid Indonesia (DMI) DKI Jakarta dan lembaga-lembaga Islam lainnya.

Sigit menjelaskan untuk menjamin kesucian tempat salat akan dilakukan pembersihan lokasi dengan melibatkan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah DKI Jakarta. Dia juga mengajak masyarakat untuk membawa peralatan ibadah secara pribadi.

"Diimbau untuk seluruh masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk tetap tertib dan disiplin menjalankan protokol kesehatan demi kenyamanan bersama. Silakan membawa peralatan ibadah pribadi, mengikuti salat dan khutbah Iduladha secara khusyuk, serta tidak berkerumun selepas kegiatan," kata Sigit dalam keterangannya, Rabu (6/7).

Selain itu, Sigit menyebut berbagai infrastruktur untuk mendukung salat Iduladha di JIS sudah disiapkan, seperti tempat wudhu, tempat parkir, dan toilet. Meski telah disediakan tempat wudhu, warga disarankan untuk wudu dari rumah untuk mengurangi antrean, sehingga pelaksanaan salat dapat dimulai tepat waktu.

"Segala sesuatu keperluan saat salat Ied sudah disiapkan. Semua OPD juga sudah dibagi tugas untuk memastikan agar pelaksanaan salat Ied berjamaah dapat berjalan sukses," kata dia.

Sebagai informasi, pelaksanaan salat Iduladha 1443 Hijriah di JIS berlokasi di Ramp Barat, Ramp Timur, Concourse Utara dan Selatan JIS, Jakarta Utara. Pemprov DKI juga telah menyiapkan alternatif tempat salat Iduladha di salah satu lokasi yang ada di JIS jika terjadi hujan.

Selain itu, direncanakan yang menjadi Khatib adalah Prof. K. H. Syukron Mam'un dengan Imam salat K.H.Muhammad Ali.

Reporter: Winda Nelfira/Liputan6.com (mdk/rnd)

Baca juga:
Ucapan Selamat Hari Raya Idul Adha 2022, Rayakan dengan Doa untuk Sesama
Sediakan Lapak Resmi Hewan Kurban, Begini Cara Cerdas Pemkab Sidoarjo Antisipasi PMK
Libur Iduladha Car Free Day Ditiadakan
Niat Puasa Idul Adha 2022, Lengkap Beserta Keutamaannya
Kapan Jadwal Puasa Arafah 2022? Ini Jadwal, Niat dan Keutamaannya
Kesibukan Tukang Pengasah Pisau Jelang Hari Raya Kurban di Gaza

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini