Jokowi: Sakit panu sampai kronis gratis pakai kartu sehat

JAKARTA | 12 November 2012 13:05 Reporter : Pramirvan Datu Aprillatu

Merdeka.com - Kartu Jakarta Sehat sudah didistribusikan sejak Minggu (11/11) kemarin. Hari ini, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali mendistribusikan kartu itu ke warga-warga kurang mampu di kawasan Muranda, Jakarta Utara.

Menurut pria yang akrab disapa Jokowi itu mengatakan, warga bebas berobat penyakit apa saja dengan kartu ini. Selain itu, dengan kartu ini sebesar apapun nilai klaim sakit akan ditanggung pemerintah.

"Ya semua penyakit dong, ada penyakit panu ada ada penyakit masuk angin ada, engga ada batas berapa pun nilainya," kata Jokowi usai membagikan Kartu Jakarta Sehat (KJS) di Puskemas Marunda, Jakarta Utara, Senin (11/12)

Jokowi menjamin tidak ada yang coba berbuat nakal dengan sistem ini. Selain diberlakukan secara online, tagihan secara otomatis tercatat dalam kartu itu dan sulit jika ada yang ingin bermain-main dengan program itu.

"Yang menyangkut masalah billing sistem, masalah prosedur keuangan yang sudah terekam dalam kartu ini. Artinya apa secara manajemen keuangan, manajemen kontrolingnya mudah karena sudah ada di dalam sistem kartu ini," jelasnya.

Kartu ini juga bisa digunakan di puskesmas-puskesmas terdekat. Tak hanya soal biaya, data medis si pasien akan tersimpan di kartu itu.

"Pas sakit ke puskesmas, nanti di situ ada pendaftaran, bisa di layani. Masyarakat tinggal bawa kartu, daftar kemudian digesek sret, keluar ini record mengenai sakit," tegas Jokowi. (mdk/lia)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.