Kapolda Metro dan Pangdam Jaya Pimpin Apel Pengamanan Idulfitri 1442 H

Kapolda Metro dan Pangdam Jaya Pimpin Apel Pengamanan Idulfitri 1442 H
Apel pasukan bersama Operasi Ketupat Jaya 2021 ©2021 Merdeka.com
JAKARTA | 12 Mei 2021 16:33 Reporter : Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Jelang Hari Raya Idulfitri 1442 H, Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya menggelar apel pasukan bersama dalam rangka Operasi Ketupat Jaya 2021, Rabu (12/5) sore. Pasukan ini di antaranya akan melakukan pengamanan malam takbiran.

Berdasarkan pantauan merdeka.com apel digelar di Lapangan Presisi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sekitar pukul 16.14 WIB. Kegiatan itu dipimpin langsung Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran bersama Mayjen TNI Dudung Abdurachman.

Pelaksanaan apel ditujukan untuk persiapan pengamanan Hari Raya Idulfitri untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Seusai apel, rombongan Kapolda bersama Pangdam Jaya akan melakukan patroli di wilayah Ibu Kota.

Selain diikuti personel Polri dan TNI, pelaksanaan apel kali ini turut dihadiri para personel dari Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta, di antaranya dari Dishub DKI, Satpol PP DKI, maupun Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI.

Sebelumnya, Fadil menyatakan pihaknya bakal memberlakukan crowd free night di Jakarta pada malam takbiran. Langkah itu dilakukan demi mencegah kerumunan atau potensi kerumunan orang saat malam takbiran di tengah pandemi Covid-19.

"Kita akan berlakukan konsep crowd free night, jadi tidak boleh ada yang berkerumun lebih dari 5 orang tanpa bisa menjelaskan kepentingannya untuk apa," kata Fadil di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (10/5).

Crowd free night, lanjut Fadil, akan diberlakukan pada pukul 22.00 WIB dengan skema bilamana ditemukan sejumlah orang berkumpul lebih dari lima orang atau tidak memiliki tujuan jelas akan dipulangkan.

"Semua yang tidak memiliki kepentingan untuk berada di jalan, sehingga dapat menimbulkan kerumunan akan kami minta untuk kembali ke rumah masing-masing," tuturnya.

Di samping itu, kata dia, petugas juga akan melakukan filterisasi kendaraan mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB. "Masyarakat yang akan ke mal itu masih bisa melangsungkan kegiatan, tapi bagi mereka yang akan melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengundang kerumunan, maka kita akan melakukan filterisasi," tuturnya.

Fadil menambahkan, antisipasi itu juga dilakukan menyusul surat imbauan yang akan diterbitkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan perihal sejumlah pelarangan saat malam takbiran. (mdk/yan)

Baca juga:
Antisipasi Aksi Teroris, 975 Personel Pengamanan Lebaran di Surakarta Dibekali Senpi
155 Ribu Personel Gabungan Diturunkan Dalam Operasi Ketupat Jaya 2021
Polri Rakor Bareng 6 Kementerian & Panglima TNI Bahas Persiapan Idulfitri 2021
Rapat dengan Baharkam, Kapolri Ingatkan Persiapan Operasi Ketupat 2021
Operasi Ketupat Berakhir, Polda Metro Tetap Lakukan Pemeriksaan SIKM Jakarta
Sepanjang Operasi Ketupat Jaya, 70 Ribu Kendaraan Keluar Masuk Jakarta Diputar Balik

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami