Kata Sudirman Said, soal cara kerja tim sinkronisasi Anies-Sandi

JAKARTA | 15 Mei 2017 16:10 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Mantan menteri ESDM Sudirman Said didapuk sebagai ketua tim sinkronisasi oleh pasangan Gubernur dan Wagub terpilih Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Sudirman pun mengaku bersyukur lantaran dipercaya untuk menyiapkan sejumlah program yang akan dijalankan Anies-Sandi dalam 5 tahun mendatang.

Terlebih, dia menjadi pemimpin dari 7 orang lainnya yang berbeda latar belakang dan keahlian.

"Saya juga bersyukur Pak Anies dan Pak Sandi menunjuk 7 anggota tim yang lain betul-betul dengan komposisi yang heterogen tapi homogen. Heterogen dalam latar belakang dan kemampuan dan homogen dalam semangat yang sama-sama ingin Jakarta dikelola dengan baik," kata Sudirman di rumah partisipasi Anies-Sandi Jalan Borobudur nomor 2, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/5).

Sudirman pun memperkenalkan 7 anggota tim lainnya yang juga dipercaya menjadi tim sinkronisasi Anies-Sandi. Mulai dari Edriana Noerdin, Mantan wakil menteri PAN-RB Eko Prasojo, mantan Sekda Pemprov DKI Fadjar Panjaitan, advokat Rikrik Rizkyana, ahli tata kota Marco Kusumawijaya, akuntan Hanief Arief Setianto dan Untoro Hariadi yang bertugas sebagai kepala Sekretariat tim sinkronisasi.

Sudirman menegaskan, tugasnya sebagai tim sinkronisasi adalah sebagai tim penerjemah yang akan mengakomodasi 23 janji kerja Anies-Sandi ke dalam rancangan program jangka menengah (RPJM) dan RPJMD.

"Yang paling penting semua janji kerja bisa diakomodasi dan diintegrasikan dalam dokumen yang namanya RPJM maupun RPJMD," ujar Sudirman.

Sudirman juga menjelaskan, mekanisme kerja tim sinkronisasi. Yakni akan berkomunikasi dengan tim pengarah, tim dewan pakar dan juga kepada Pemprov DKI Jakarta.

"Cara kerjanya adalah kita akan menyerap aspirasi dari tim pakar dan aspirasi dari masyarakat dan tadi kita sudah mulai dari kelompok pasar, warga, kelompok-kelompok lain," terang Sudirman.

Kepada Pemprov DKI Jakarta, pihaknya akan bertemu langsung dengan Plt Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan para SKPD Pemprov DKI.

"Jadi kami berharap dalam waktu dekat Gubernur dan Wagub (terpilih Anies-Sandi) bertemu dengan Pak Plt gubernur bersama tim untuk secara formal saling komunikasi. Karena itu akan baik kalau ada keterbukaan dan kerjasama yang baik SKPD di bawah pimpinnya Pak Plt," tutur Sudirman.

(mdk/rnd)