Kerja Pompa Air Maksimal Buat Genangan Cepat Surut di Tanjung Duren

JAKARTA | 18 Januari 2020 22:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Salah satu petugas penanggung jawab Kali Tanjung Duren dari Sudin Sumber Daya Air Jakarta Barat, Adi mengatakan ada empat pompa bekerja maksimal saat hujan deras mengguyur sejumlah wilayah Jakarta dan sekitarnya.

"Ketinggian air sampai 300 cm, tiga pompa kami bekerja dan dibantu satu pompa trailer, jadi total ada empat kami fungsikan," kata Adi di lokasi, Sabtu (18/1).

Meski sudah bekerja maksimal, Adi tak menampik bila terjadi genangan setinggi betis orang dewasa di sekitar Kali Tanjung Duren, khususnya di Jalan Patra. Namun dia menegaskan, genangan terebut tidak sampai membanjiri pemukiman warga dan hanya di jalan-jalannya saja.

"Tidak sampai masuk rumah kok, pompa kami membuat surut cuma karena ada beberapa titik sumbatan seperti karena sampah jadi butuh waktu juga menyurutkan genangannya," jelas Adi.

Adi mengatakan genangan terjadi pada pukul 5 pagi tadi. Namun saat Tim Liputan6.com meninjau lokasi pukul 13.00 WIB, genangan tersebut hanya ada di beberapa titik saja atau hanya setinggi mata kaki anak kecil.

Menurut Adi, beberapa titik yang masih tergenang diakibatkan saluran yang mampet dan kontur jalan yang cekung sehingga menghasilkan genangan.

"Tapi sudah aman terkendali, ketinggian bisa dilihat 140 cm sekarang, normal kami 180 cm, pompa masih kami operasikan, semua bekerja," tandasnya.

Reporter: Dito Radityo (Liputan6.com) (mdk/did)

Baca juga:
Baru Kebanjiran Awal Tahun, Hunian Warga Rawajati Kembali Masuk Air 30 Cm Usai Hujan
11 Titik Genangan di Jakarta Pascahujan Sejak Sabtu Dini Hari
Jakarta Diguyur Hujan, Ketinggian Pintu Air Manggarai Capai 754 Sentimeter
Begini Sistem Kerja Pengeras Suara Peringatan Dini Banjir Jakarta
Hujan Guyur Jakarta di Sabtu Pagi, Sejumlah Ruas Jalan Tergenang
PLN Masih Matikan 26 Gardu Listrik Terdampak Banjir

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.