Kesal Macet, Pengendara Motor Jebol Penutup Putaran di Kolong Fly Over Satrio

JAKARTA | 5 Desember 2019 20:31 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dinas Perhubungan DKI tengah melakukan uji coba penutupan putaran di kolong fly over Jalan Satrio, Kuningan, Jakarta Selatan. Sayangnya, penutupan itu tidak diikuti dengan tersedianya jalur alternatif bagi pengendara.

Pantauan di lokasi, pada saat jam pulang kantor sekitar pukul 17.00 WIB, Kamis (5/12), blokade jalan dari beton yang dipasang Dishub dijebol oleh para pengendara motor.

Lewat video eksklusif yang diabadikan Tama Bayu (26), dari arah Gedung WTC, terlihat beberapa orang termasuk para pengemudi ojek online yang mengenakan jaket hijau tampak berjibaku menjebol blokade jalan putaran tersebut.

"Saya lihat dan rekam, ini ada videonya (sambil menunjukkan hasil rekamannya)," kata Bayu kepada Liputan6.com.

Tama mengaku tidak tahu kapan persisnya blokade jalan itu berhasil dijebol. Namun seiring ramainya aksi 'gotong royong' tersebut, putaran yang tadinya sengaja ditutup sekarang sudah bisa dilalui oleh mobil.

"Polisi enggak ada saya lihat, malah mobil sekarang sudah bisa muter di situ," jelas Tama.

Sebagai pengguna jalan tersebut, Tama mengamini kebijakan Dishub DKI membuat ruas kemacetan mengular yang luar biasa, khususnya di pagi dan sore hari.

1 dari 1 halaman

Dishub DKI Siap Kaji dan Evaluasi

Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo mengatakan kebijakan itu telah dipertimbangkan dengan masak guna mengantisipasi kemacetan yang lebih parah lagi akibat revitalisasi trotoar di sekitar ruas jalan tersebut.

"Kami lakukan rekayasa lalu lintas untuk memperlancar di titik itu, ini kami uji coba sampai kami evaluasi," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu 4 Desember 2019.

Karenanya, bagi kendaraan yang bermaksud berputar di ruas Jalan Satrio, saat ini diharuskan lurus dan naik fly over Satrio, baru berputar di TPU Karet Bivak, dan naik kembali ke fly over Satrio.

Reporter: M Radityo

Sumber: Liputan6.com

(mdk/bal)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.