Ketua DPRD DKI: Kerumunan Tanah Abang Harusnya Bisa Dicegah

Ketua DPRD DKI: Kerumunan Tanah Abang Harusnya Bisa Dicegah
Sejumlah warga memadati Blok B Pusat Grosir Pasar Tanah Abang. ©2021 Merdeka.com
JAKARTA | 3 Mei 2021 20:38 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meminta agar Pemprov dapat mengevaluasi pelaksanaan upaya penanggulangan Covid-19 di Ibu Kota. Evaluasi itu terkait membeludaknya pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat pada 1-2 Mei 2021.

"Karena seharusnya ini bisa dicegah. Kerja-kerja Satgas Covid-19 di DKI Jakarta kemana kalau bisa sampai terjadi kerumunan seperti itu," kata Prasetio dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/5).

Menurutnya, berdasarkan Perda Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19, DKI Jakarta memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang berlangsung di masyarakat.

Lanjut dia, hal terpenting yakni pengawasan terkait pelaksanaan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Dengan menata jarak dan pembatasan tehadap pengunjung ini yang harusnya ditegakkan Satgas Covid-19 di lapangan. Nah kalau sudah terjadi kerumunan seperti ini, lalu tiba-tiba jumlah kasus penularan meningkat bagaimana?" ucap politikus PDIP itu.

Selain itu, Prasetio juga meminta agar Satgas Covid-19 DKI Jakarta dapat meningkatkan pengawasan di tiap-tiap lokasi perbelanjaan lainnya menjelang lebaran.

"Karena kita harus meminimalisir terjadinya klaster baru. Jangan sampai kita sama seperti negara lain yang mengalami tsunami," jelas dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan jumlah pengunjung Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat mengalami peningkatan.

Yakni bila dibandingkan dengan jumlah pengunjung pada Sabtu (1/5) yang mencapai 87 ribu orang.

"Hari Sabtu terjadi lonjakan jumlah pengunjung yang sebelumny 35rb jadi 87rb. Dan hari ini data sementara diperkirakan sekitar 100 ribu pengunjung," kata Anies di kawasan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (2/5).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyatakan akan ada perubahan waktu operasional Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Lanjut dia, perubahan tersebut yakni untuk waktu tutup pasar yang dilakukan tidak bersamaan.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami