Kualitas Udara di Jakarta Lebaran Tahun 2020 Lebih Baik Ketimbang 5 Tahun Belakang

Kualitas Udara di Jakarta Lebaran Tahun 2020 Lebih Baik Ketimbang 5 Tahun Belakang
JAKARTA | 25 Mei 2020 20:46 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Andono Warih mengatakan, kualitas udara Jakarta saat Lebaran Idulfitri 1441 Hijriah merupakan terbaik selama lima tahun terakhir. Dia juga menyebut selama lima tahun terakhir, kadar polutan di langit Jakarta konsisten menurun setiap menjelang dan saat libur Lebaran.

"Tahun ini penurunan konsentrasi pencemar udara makin tinggi lagi. Disimpulkan, kualitas udara Lebaran 2020 paling baik dibandingkan Lebaran lima tahun ke belakang," kata Andono dalam keterangan tertulis, Senin (25/5).

Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta memantau kualitas udara di enam stasiun yakni Bundaran HI untuk pinggir jalan, Kelapa Gading, Jagakarsa, Lubang Buaya, dan Kebon Jeruk untuk permukiman, ditambah tiga stasiun mobile.

Polutan yang diukur yaitu PM 2,5 (debu ukuran 2,5 mikron), CO (karbon monoksida), NO2 (nitrogen dioksida), SO2 (sulfur dioksida), dan O3 (ozon).

Sedangkan dalam pemantauan di sejumlah titik dengan konsentrasi dua parameter utama yakni PM 2,5 dan CO telah memenuhi baku mutu.

"Dibandingkan dengan Lebaran 2019, konsentrasi PM 10, PM 2,5, CO, NO2, SO2 dan O3 Idul Fitri 2020 mengalami penurunan, yaitu sebesar 28 persen (PM2,5), 23 persen (PM10), 8 persen (CO), 13 persen (NO2), 4 persen (SO2) dan 41 persen (O3)," ujar dia.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan memperpanjang masa pelaksanaan pembatasan sosial skala besar (PSBB) di Jakarta selama 14 hari ke depan.

"PSBB di perpanjang hingga 4 Juni, mudah-mudahan ini jadi PSBB penghabisan," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (19/5).

Karena hal itu dia mengimbau masyarakat untuk terus disiplin menjalankan PSBB jilid tiga tersebut. Sehingga masyarakat dapat dapat kembali hidup normal seperti hari biasa.

"Dua Minggu ke depan kita disiplin dan kendalikan itu semua. Semoga kita bisa normal kembali," ucapnya.

Reporter: Ika Defianti (mdk/gil)

Baca juga:
Pemprov DKI Klaim PSBB Buat Kualitas Udara Jakarta Membaik
Greenpeace Sebut Langit Jakarta Bersih selama PSBB Belum Menjamin Bebas Polusi
Kualitas Udara Sebelum dan Sesudah Pandemi Mewabah Dunia
Pandemi Covid-19 Kurangi Polusi Udara Sejumlah Negara, Begini di Indonesia
Seminggu PSBB, Kualitas Udara Ibu Kota Kian Membaik
Udara Jakarta Berada di Peringkat 78 Kota Polusi Dunia

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5