Ledakan di Menteng, Polisi Belum Lihat Ada Kaitan dengan Aksi Terorisme

Ledakan di Menteng, Polisi Belum Lihat Ada Kaitan dengan Aksi Terorisme
JAKARTA | 6 Juli 2020 10:52 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Polisi memastikan ledakan yang terjadi di kawasan Menteng, Jakarta Pusat bukan serangan teroris. Ledakan terjadi di kawasan Jalan Adiwinata, Jakarta Pusat, pada Minggu sore.

"Kalau teroris biasanya selalu mencari korban dan bahannya biasanya selalu membahayakan untuk orang sekitarnya. Ini kalau kita lihat tidak ada dampak korban, baik manusia, hanya fisik ban mobil. Masih jauh. Kalau untuk teroris kita belum menyimpulkan dan butuh pendalaman," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto, Senin (6/7).

Heru menduga ledakan di dekat Mitsubishi Pajero nomor polisi B 1912 PJH hingga menyebabkan ban kempes diduga karena masalah pribadi antara pelaku dan korban.

"Karyawan perusahaan (korban) masih kami dalami. Mungkin perusahaan ada masalah atau apa," ujarnya.

Selain itu, pihaknya sudah memeriksa sejumlah saksi dan kamera Close Circuit Television (CCTV) untuk mengungkap kejadian tersebut. Namun, ia belum bisa menyebutkan siapa saja saksi yang dimintai keterangan itu.

"Saksi yang diperiksa kita panggil ada 5 yang kita mintai keterangan. (Siapa sajak Tidak perlu, karena ini masih investigasi. Jadi, biarkan kami bekerja," ucapnya.

Ia mengungkapkan, untuk posisi ledakan yang kecil ini berada tepat di bawa mobil berwarna hitam tersebut.

"(Posisi ledakan) Di bawahnya. Mobil terparkir di pinggir jalan depan rumah pemilik. (Indikasi) Ditaruh. Kita masih pelajari saksi-saksi," ungkapnya.

Sebelumnya, terjadi ledakan di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Ledakan itu terjadi sekitar pukul 15.0 0 Wib, yang mengakibatkan satu ban mobil merek Mitsubishi Pajero yang terparkir di lokasi tersebut mengalami kempes ban.

"Jadi sore tadi sekitar pukul 15.00 Wib terjadi ledakan kecil di mana ledakan itu seperti petasan yang mengakibatkan kempes ban Pajero sebelah kiri. Kita katakan petasan, karena tidak besar tak ada dampak signifikan, korban tidak ada. Kerugian hanya ban kempes saja," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Heru Novianto, Jakarta, Minggu (5/7).

Ia menjelaskan, ledakan tersebut tak besar. Kini, pihaknya masih mendalami lagi terkait insiden tersebut, karena ia belum bisa memastikan apakah ledakan itu bom atau bukan.

"Ledakan kecil dan kita katakan low eksplosif. (Rakitan) Kita masih dalami, karena kita katakan bom juga bukan. (Pelemparan) Masih kita dalami saksi diperiksa baik korban maupun sakai lainnya," jelasnya.

"(Identitas) Karyawan punya perusahaan yang dikelola masih kita dalami. Mungkin perusahaan ada masalah atau apa," sambungnya. (mdk/lia)

Baca juga:
Polisi Sebut Ledakan di Menteng Bukan Bom: Masih Kita Dalami
Ledakan di Kawasan Menteng Low Explosive
Ledakan Terjadi di Kawasan Menteng Jakarta Pusat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami