Libur Panjang Saat Pandemi, Ragunan Tutup, Ancol & TMII Tetap Buka untuk Umum

Libur Panjang Saat Pandemi, Ragunan Tutup, Ancol & TMII Tetap Buka untuk Umum
Wisatawan Kunjungi Kawasan Wisata Pantai Ancol. ©2020 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah
JAKARTA | 13 Februari 2021 13:38 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Selama massa pandemi Covid-19 ini, tak semua tempat wisata tetap buka meski menerapkan protokol kesehatan yang ada. Salah satunya yakni seperti di Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan.

Menurut Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang mengaku, sampai saat ini tempat ia bertugas masih dalam kondisi ditutup dan belum dibuka untuk masyarakat umum.

"Ragunan masih tutup saat ini," kata Wahyudi saat dihubungi merdeka.com, Sabtu (13/2).

Kendati demikian, dirinya tak tahu penutupan tempat wisata ini sampai kapan akan dilakukan oleh pihaknya. "Belum tahu ini (tutup sampai kapan). Menunggu instruksi," ujarnya.

Berbeda dengan Ragunan, salah satu tempat wisata lainnya yakni Taman Impian Jaya Ancol masih tetap beroperasi seperti biasanya. Namun, di lokasi tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

"Jumlah pengunjung Ancol, 12 Febuari 2021: 13.900," ujar Humas Ancol, Rika Lestari.

Menurutnya, jumlah tersebut tak ada peningkatan pengunjung meski dihari weekend ini. Sedangkan, untuk jam operasional sendiri dilakukan sejak pukul 06.00 Wib hingga 21.00 Wib.

"Jumlahnya (13.900) normal seperti akhir pekan," sebutnya.

"Sesuai dengan SK Disparekraf Nomor 123 tahun 2021 diatur kuota pengunjung kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol yaitu maksimal kapasitas 50 persen dan jam operasional mulai pukul 06.00 Wib sampai pukul 21.00 Wib. Sementara jam operasional Dunia Fantasi mulai pukul 10.00-17.00 Wib, Ocean Dream Samudra dan Sea World Ancol mulai pukul 10.00-16.30 Wib," sambungnya.

Sama dengan Ancol, tempat wisata lainnya yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII) juga tetap dibuka. Meski tetap buka dimassa pandemi Covid-19, mereka buka dengan menerapkan aturan dari pemerintah.

"Dibanding hari biasa tentu ada peningkatan yang biasanya hanya sepertiga jumlah pengunjung apalagi di libur long weekend seperti saat ini. Kalau dibanding sebelum pandemi, lebih jauh lagi. Selama pandemi pengunjung per hari kisaran 500an di hari week day. Untuk weekend biasa sekitar 1.500 sampai dengan 2.000an, selama PPKM ya," jelas Manager Informasi TMII, Ira.

Jumlah tersebut selama PPKM menurutnya naik sebanyak 40 persen, dari hari biasa dengan hari weekend. Kebanyakan mereka yang berkunjung ke TMII tersebut hanya sekedar untuk berolahraga dan bersepeda.

"Untuk masa PSBB kemarin sesuai aturan pembatasan pengunjung 1/3 dari kapasitas maksimal yaitu 20.000, pernah mendekati kisaran 18.000an pengunjung dikarenakan pada awal-awal tempat wisata dibuka dan masyarakat diperbolehkan untuk beraktifitas utamanya olahraga di ruang terbuka, TMII didominasi oleh komunitas gowes," ungkapnya.

"Sehingga aktivitasnya tidak berkumpul di dalam area, namun mereka mengeksplorasi TMII dengan sepeda dan setelahnya melanjutkan perjalanan. Jadi aktivitas keluar dan masuk area wisata TMII, sehingga ketentuan dan ketetapan aturan protokol kesehatan tetap dijalankan," sambungnya.

Untuk hari ini sendiri sejak pagi hingga siang hari, sudah ada hampir 4.000 ribu pengunjung. Untuk jam operasionalnya sendiri, hanya dibuka sejak pukul 08.00 Wib hingga 19.00 Wib.

Ia pun memastikan, tak ada kegiatan berkerumun atau berkumpul di TMII selama massa pandemi. Mengingat, Indonesia masih dilanda Covid-19.

"Iya benar (hanya bersepeda dan olahraga) ada grup gowes dan family gowes. Jadi sekeluarga bersepeda menikmati suasana TMII, mampir melihat venue dan lanjut perjalanan," katanya.

"Karena dengan luas area TMII 150 Ha masih sangat lapang banget area yang tersedia untuk mereka berwisata di TMII. Karena luas, otomatis tidak ada kerumunan tentunya," tutupnya. (mdk/rhm)

Baca juga:
Libur Imlek, Destinasi Wisata di Pangandaran Tetap Dibuka
Sandiaga Bakal Gandeng KPK dan BPK Awasi Penyaluran PEN untuk Pariwisata
Tak Kantongi Surat Rapid Antigen, Wisatawan Dilarang Masuk Objek Wisata di Yogyakarta
Libur Imlek di Rumah Saja, Ini Wisata Jakarta yang Bisa Dikunjungi Secara Virtual
Pesona Wisata Cukul Bandung Kala Gulita
Menristek Harap GeNose Bisa Bantu Bangkitkan Sektor Pariwisata

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami