Longsor di Kalisari, Anies Sebut Mayoritas Bangunan Tak Dilengkapi IMB

JAKARTA | 27 November 2018 08:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi longsor di RT 07 RW 05 Kelurahan Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Hasilnya, Anies menyebut lokasi longsor itu masuk kawasan hijau.

"Kita cek status lahannya, ini lahan hijau yang tidak seharusnya dibuat bangunan. Ada ketinggian tanah yang perbedaanya signifikan," kata Anies di Kalisari, Selasa (27/11).

Anies menyatakan, tidak seharusnya lahan hijau dibangun bangunan. Karenanya Anies memastikan bangunan-bangunan di wilayah itu tidak memiliki izin.

"Kita saksikan sekarang penuh dengan bangunan, dan hampir pasti semuanya tidak punya IMB jadi ini bangunan-bangunan uang, dibangun tanpa izin dan tidak memperhitungkan kekuatan struktur," ujarnya.

Sebagai solusinya Pemprov akan melakukan tiga hal. Pertama pengamanan warga dengan membangun kembali tanggul dan akses jalan terputus. Sedangkan solusi ketiga adalah membongkar rumah tak berizin di lahan hijau.

"Ketiga rumah rumah yang berada di pinggir tanggul akan kita review akan kita audit semuanya, dan bila tempat ini adalah tempat beresiko maka bangunan bangunan itu harus dibongkar. Kalau tidak malah beresiko," tutur Anies.

"Jadi bagi yang tinggal di situ punya pilihan. Pilihannya terjadi seperti ini atau pindah ke tempat lain yang lebih aman," tandasnya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Baca juga:
Petugas Mulai Bersihkan Puing Rumah Longsor di Kalisari Pasar Rebo
Parahnya Kondisi Rumah yang Longsor di Pasar Rebo
Rumah Longsor di Kalisari Jadi Tontonan Warga
Tak Ada IMB, Rumah Korban Tanah Longsor di Kalisari Akan Dibongkar
Petugas Dibantu Alat Berat Bersihkan Sisa Longsor di Perumahan Pesona Kalisari

(mdk/cob)