M Taufik: LRT Jakarta Kelapa Gading-Velodrome Proyek Gagal, Usul Pemprov Lapor KPK

JAKARTA | 18 Juni 2019 17:05 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Moda light rail transit atau Lintas Rel Terpadu (LRT) Jakarta sudah diuji coba sejak sepekan kemarin. Ujicoba hanya melayani Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulo Mas, Stasiun Equestrian dan Stasiun Velodrome.

Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik, menilai pembangunan LRT untuk jalur Velodrome - Kelapa Gading merupakan proyek gagal waktu, gagal fungsi dan gagal efisiensi dana pembangunannya.

"Proyek LRT Kelapa Gading - Velodrome menurut saya proyek gagal, pertama gagal waktu (penyelesaiannya) dulu ramainya karena untuk mengangkut atlet dan penonton Asian Games," kata Taufik di Gedung DPRD DKI Jakarta. Demikian dikutip dari Antara, Selasa (18/6).

Menurutnya, pembangunan LRT sama sekali tidak mengurangi kemacetan dan tidak efisiensi anggaran. Sebab nilai pembangunan untuk jarak satu kilometer menelan dana sebesar Rp 1,1 triliun.

"Saya kira nggak ada di mana - mana itu di mana - mana untuk bangun satu kilometer sebesar Rp 1,1 Triliun, jadi Rp 5,8 triliun untuk (pembangunan) 5,2 kilometer," kata Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta itu.

Dia meminta Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk melaporkan proyek LRT yang dianggapnya gagal tersebut ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Harusnya dilaporkan dong, karena itu uang masyarakat, uang rakyat. Saya yakin itu jadi mainan anak - anak kayak di Taman Mini," katanya.

Taufik juga yakin uji publik yang dilakukan juga sepi peminatnya. "Makanya harus dilaporkan ke KPK itu proyek gagal, itu uang besar Rp 5,8 triliun bukan main- main. Saya khawatir itu izin belum keluar mungkin AMDALnya belum keluar," katanya.

Baca juga:
Proyek LRT di Setiabudi Tengah Mulai Dikerjakan
Mulai 17 Juni 2019, Jalan Setiabudi Tengah Ditutup untuk Proyek LRT
Ada Pengerjaan LRT, Ini Pengalihan Rute di Setiabudi Mulai Pekan Depan
Melihat Pembangunan Skybridge Penghubung LRT-Transjakarta Velodrome
Uji Coba LRT Untuk Publik
LRT Jakarta Mulai Uji Coba, Ini Cara Daftarnya
5.000 Warga Jakarta Jajal LRT di Hari Pertama Uji Publik

(mdk/lia)

TOPIK TERKAIT