Melihat Kembali Kemegahan Stadion BMW akan Dibangun Anies

JAKARTA | 28 November 2018 06:15 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan segera mewujudkan mimpi warga Jakarta punya Stadion Bersih Manusiawi dan Berwibawa atau BMW. Stadion BMW itu akan menjadi markas Persija Jakarta. Pembangunan Stadion BMW akan segera dibangun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Stadion ini dirancang sangat megah sesuai dengan standar internasional dan rencananya akan ditunjang dengan berbagai fasilitas. Berikut ini kemegahan dan kecanggihan Stadion BMW:

1 dari 5 halaman

Dibangun Bertaraf Internasional

Stadion BMW. ©2012 Merdeka.com/Handout/Tiyok Prastyoadi

Saat masih menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menyebut stadion tersebut nantinya dibangun bertaraf internasional dengan desain terbaru dari konsultan Amerika. Sehingga dapat disandingkan dengan stadion untuk perhelatan Piala Dunia.

"Karena standarnya (stadion) ini mirip-mirip dengan stadion di Saint Petersburg (Rusia). Stadion generasi terbaru yang di mana tribun penonton itu sangat dekat lapangannya," ujar Sandi.

Stadion juga dirancang dengan dua lapangan latihan standar FIFA. Sesuai standar FIFA, kalau ada stadion, harus ada dua lapangan pemanasan. Stadion ini juga punya dua pintu masuk, pintu utama keluar dan masuk untuk tuan rumah dan juga pintu untuk tim lawan yang gunanya juga untuk mencegah bentrok.

2 dari 5 halaman

Bisa Menampung 50 Ribu Penonton

Stadion BMW. ©2012 Merdeka.com/Handout/Tiyok Prastyoadi

Stadion BMW Jakarta adalah sebuah stadion multi-fungsi di Tanjung Priok, Jakarta yang bertaraf internasional. Stadion ini dirancang bisa menampung 50.000 penonton.

3 dari 5 halaman

Terintegrasi Dengan Transportasi Massal

Stadion BMW. ©2012 Merdeka.com/Handout/Tiyok Prastyoadi

Stadion BMW nantinya akan terintegrasi dengan beberapa fasilitas penunjang lainnya seperti transportasi massal. Apalagi terdapat lintasan kereta api menuju Tanjung Priok, Jakarta Utara.

"Kita ingin ada kereta nanti diusulkan untuk bisa jadi masyarakat ke sini itu menggunakan kereta. Ke depan nanti selain kereta juga ada Light Rail Transit (LRT), fase ke lima atau ke enam menuju ke Bandara satu Kelapa Gading," jelas Sandi.

4 dari 5 halaman

Dilengkapi Apartemen Sampai Pusat Belanja

Pembangunan Stasion Persija. ©2018 Liputan6.com

Stadion BMW juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Yakni dilengkapi dengan rusun, apartemen, pusat belanja dan spot instagramable.

"Dengan konsep kekinian ada wedding place, instagram place, ada sport tourism, kuliner, dan masjid," kata Sandi saat menjadi wagub DKI.

5 dari 5 halaman

Dana Pembangunan Stadion BMW Sekitar Rp 4,5 T

Stadion BMW. ©2012 Merdeka.com/Handout/Tiyok Prastyoadi

Pembangunan Stadion BMW diperkirakan mencapai Rp 4,5 triliun. Namun DPRD DKI menyetujui anggaran awal pembangunan Stadion BMW senilai Rp 400 miliar. PT Jakarta Propertindo (Jakpro) menjadi pihak yang menggarap proyek itu. Awalnya diajukan Rp 1,6 triliun, tapi hanya disetujui sebesar Rp 400 miliar.

"Dari yang akan kita ajukan, stadion yang rencananya Rp 1,6 triliun untuk 2019, kita mulai dengan Rp 400 miliar untuk penyiapan lahan dan skemanya Public Private Partnership (PPP)," kata Dirut Jakpro, Dwi Wahyu Daryoto.

(mdk/has)