Merasa Tak Dirugikan, SMA Gonzaga Anggap Gugatan Orang Tua Siswa Iklan Gratis

JAKARTA | 21 November 2019 23:03 Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Merdeka.com - SMA Gonzaga menyambut positif kesepakatan damai dengan orang tua siswa yang tidak naik kelas, Yustina Supatmi. Pihak sekolah pun merasa tak dirugikan dengan gugatan Yustina terhadap Gonzaga yang selama ini disorot media.

"Itu malah iklan gratis untuk Gonzaga. Iklan gratis benar," kata pengacara SMA Gonzaga, Edi Danggur, di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jl Ampera Raya, Kamis (21/11).

Edi kemudian mengatakan, sejak awal SMA Gonzaga memberitahukan jika penerapan nilai KKM Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) di angka 75 untuk mata pelajaran peminatan. Hal itu pun
sudah sesuai dengan prosedur dan diverifikasi Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

"Siswa mereka masuk sekolah misalnya sekolah ini mereka tahu syarat di sekolah ini berat. Pasti mereka harus lebih serius lagi belajar dong itu aja pelajarannya," tegasnya.

Justru, Edi mengimbau pada orang tua murid agar anaknya berusaha memenuhi nilai sesuai kebijakan sekolah. Apalagi, kualitas pendidikan di Gonzaga terbilang tinggi.

"Karena gini, di Gonzaga itu seribu yang daftar, hanya 250 yang diterima, ya wajar dong kalau mereka diberi standar yang tinggi dan orang tua juga sudah diberi tahu bahwa standar kami di sini tinggi," pungkas Edi.

1 dari 1 halaman

Disdik DKI Akan Pantau Kurikulum Sekolah-sekolah

Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta mengapresiasi kesepakatan damai antara orang tua siswa yang anaknya tidak naik kelas, Yustina Supatmi, terhadap SMA Gonzaga. Dari situ, Disdik DKI bakal melakukan pembinaan terkait kurikulum sekolah-sekolah.

"Adapun ke depannya tugas dari Dinas Pendidikan itu sebagai regulator maupun kebijakan di dunia pendidikan akan kita lakukan. Mungkin bukan hanya Gonzaga saja, semuanya akan kita coba pembinaan ulang, artinya hal-hal yang berkaitan dengan teknis kurikulum akan kita lakukan pada saat pembinaan nanti," kata Kepala Seksi Peserta Didik dan Pengembangan Karakter Peserta Didik Disdik DKI Jakarta Taga Radja Gah di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (21/11).

Taga tak menjelaskan spesifik tensi pembinaan yang dimaksud. Namun, untuk nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMA Gonzaga sudah sesuai dengan prosedur lantaran kurikulumnya sudah diajukan dan divalidasi ke Disdik.

Menurutnya, tiap sekolah punya kewenangan dan teknis yang ditetapkan terkait kurikulum. Namun, berkaca dari kasus itu, Disdik DKI akan memantau kurikulum tiap sekolah.

"Dengan adanya masalah seperti itu kita perlu tahu juga semua persoalannya. Jangan-jangan bukan hanya Gonzaga. Makanya seperti yang tadi disampaikan, itu sesuai tupoksi kita, sudah kewajiban kita, ada atau tidak ada kasus ini, kita akan lakukan itu," ujar Taga.

Terpisah, kuasa hukum SMA Gonzaga, Edi Danggur, menilai bahwa kurikulum SMA Gonzaga sudah sesuai dengan prosedur Disdik DKI Jakarta. Pihak sekolah juga telah melakukan sosialisasi terkait standar nilai KKM 75 di mata pelajaran peminatan.

"Jadi kalau soal kurikulum itu juga clear. Kita di Gonzaga itu pakai kurikulum nasional, sama dengan yang lainnya. Kalau KKM seperti dikatakan Pak Taga, itu ditentukan oleh sekolah," kata Edi.

Sebelumnya, orang tua siswa yang tidak naik kelas sepakat berdamai dengan pihak SMA Kolese Gonzaga. Keduanya setuju menyelesaikan perkara perdamaian dalam sidang gugatan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

"Mengadili, menghukum para penggugat tergugat dan turut tergugat untuk mentaati isi kesepakatan perdamaian yang telah disepakati," kata Ketua Majelis Hakim Lenny Wati Mulasimadhi, di ruang sidang Prof Subekti, PN Jaksel, Kamis (21/11). (mdk/gil)

Baca juga:
VIDEO: Polemik Murid Gonzaga Tak Naik Kelas Berujung Damai
Berdamai, Orang Tua Harap Tak Ada Lagi Siswa Gonzaga Tidak Naik Kelas
Orangtua Siswa Tak Naik Kelas Sepakat Damai dengan SMA Gonzaga
Sidang Gugatan Siswa SMA Gonzaga Tak Naik Kelas Akan Dimediasi
SMA Gonzaga Bakal Gugat Balik Orangtua Siswa yang Tak Naik Kelas
Cerita Lengkap Orangtua Siswa Gugat SMA Gonzaga Gara-Gara Anak Tak Naik Kelas
Orangtua yang Anaknya Tak Naik Kelas Buka Jalan Damai dengan SMA Gonzaga

TOPIK TERKAIT