Momen-momen ketika Jokowi pusing kepala

Momen-momen ketika Jokowi pusing kepala
JAKARTA | 11 November 2012 08:12 Reporter : Nurul Julaikah

Merdeka.com - Tiga pekan menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mulai merasakan peliknya problem ibu kota. Tak heran jika mantan wali kota Solo itu kerap mengaku pusing.

"Jadi gubernur itu sulit. Saya baru tiga minggu saja sudah pusing setengah mati. Pusing, pusing, pusing, pusing," kata Jokowi saat menjadi keynote speaker di sebuah acara seminar motivasi di Auditorium gedung BPPT, Sabtu (10/11).

Dalam acara seminar yang juga dihadiri CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo, dan motivator Andrie Wongso, Jokowi mencontohkan, salah satu permasalahan Jakarta yang selalu dipertanyakan kepadanya adalah banjir.

"Nanti ada banjir loh pak, ini kok banjir belum bisa diselesaikan," ujar Jokowi menirukan pertanyaan warga yang wilayahnya langganan terendam banjir.

Selain Sabtu kemarin, Jokowi rupanya pernah mengaku pusing. Tetapi itu lebih karena desakan wartawan agar dia menjawab banyak pertanyaan. Misalnya pada Kamis (8/11) lalu. Berondongan pertanyaan rupanya membuat Jokowi pusing. "Masa dari empat pilar masuk ke Mbak Rieke, tanya mbok ya satu-satu saja tapi detail," kata Jokowi dengan gaya bicaranya yang khas.

Jokowi minta agar dirinya dibiarkan menjelaskan dulu tentang satu topik pertanyaan, baru kemudian ditanya masalah yang lain. Sebab, jika dicecar berbagai pertanyaan itu dia takut memberikan jawaban yang keliru. "Semuanya ditanyai ke saya, kalau benar jawabnya, lah kalau keliru?" kelakar Jokowi.

Jokowi juga bingung saat mahasiswa ikut menanyakan kepada Jokowi di Balai Kota beberapa waktu lalu. "Satu-satu dong, saya jadi pusing ini," kata Jokowi sambil menepuk jidatnya. "Harusnya kepala saya ada tiga," ujar Jokowi sambil tersenyum.

Karena saking banyak yang diurusi, Jokowi terkadang merasa pertanyaan wartawan berlebihan. Apalagi kalau ditanya banyak hal sekaligus. Jokowi meminta awak media menanyakan persoalan Jakarta satu per satu. "Jangan semua ditanyain, pak ini, pak itu. Coba lihat di sini anget (sambil menempelkan punggung telapak tangan di keningnya)," ujar Jokowi lagi-lagi sambi tersenyum.

Itulah Jokowi. Terlepas dari keluhannya soal pusing, dia serius bekerja. Jokowi memberi teladan atas etos kerjanya yang seperti tiada lelah. Dia keliling Jakarta tak peduli saat hari libur. Jokowi, seperti juga warga Jakarta lainnya, berharap wajah Jakarta yang baru. (mdk/bal)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan
TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami