Muklis Muctar, Pengemis di Kawasan Gandaria Kantongi Rp194,5 Juta

Muklis Muctar, Pengemis di Kawasan Gandaria Kantongi Rp194,5 Juta
Pengemis yang punya uang Rp 194 juta. ©2019 Liputan6.com
JAKARTA | 29 November 2019 18:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Dinas Sosial Jakarta Selatan menata tumpukan lembaran mata uang rupiah di atas meja. Ada pecahan seratus ribu, lima puluh ribu, dan dua puluh ribu. Totalnya mencapai Rp194,5 juta.

Uang-uang itu milik Muklis Muctar Besani (65), pengemis yang terjaring pada Jumat (29/11) di Kawasan Gandaria, Jakarta Selatan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Mursyidin mengatakan, petugas telah memantau Muklis sejak tiga bulan lalu. Muklis tak pernah berhenti menadahkan tangan ke pejalan kaki yang melintas selama petugas membuntuti aktivitasnya.

"Kami tidak serta-merta menangkap, kami rekam bagaimana pengemis beraksi. Biasanya di depan bank, minimarket, dan tempat-tempat yang berpotensi orang-orang memberikan uang Rp2 ribu atau Rp3 ribu," kata Mursyidin saat dihubungi Liputan6.com, Jumat (29/11).

Muklis beranjak dari rumahnya di Bukit Indah Ciputat, Tangerang Selatan pada pukul 06.00 WIB ke tempat-tempat strategis di wilayah Kebayoran baru, dan Kebayoran Lama.

Baca Selanjutnya: Tukar Uang ke Bank...

Halaman

(mdk/fik)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami