Ngaku wartawan, dua pria peras PNS Kemenag Rp 9,7 juta

Ngaku wartawan, dua pria peras PNS Kemenag Rp 9,7 juta
ilustrasi kejahatan. Merdeka.com/Arie Basuki
JAKARTA | 4 Desember 2012 10:49 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Polisi menangkap pria berinisial DM dan es di halaman Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat. Petugas membekuk keduanya karena mengaku wartawan surat kabar harian dan memeras seorang pegawai negeri sipil (PNS) Kementerian Agama (Kemenag).

"Pelaku berhasil menggasak uang korbannya sebesar Rp 9,7 juta," ujar Kasat Reskrim Polres Jakarta Pusat AKBP Rahmat di kantornya, Selasa (4/12).

Rahmat mengatakan kedua pelaku mendatangi salah seorang PNS Kemenag kemudian menunjukkan foto PNS itu dengan seorang wanita. Dalam foto terlihat PNS itu baru keluar dari sebuah hotel.

"Kemudian pelaku meminta sejumlah uang agar foto tersebut tidak disebarluaskan atau diberitahukan kepada istri korban," katanya.

Karena takut, korban menuruti keinginan pelaku. Awalnya DM dan ES meminta uang Rp 200 juta, namun terjadi negosiasi hingga akhirnya sepakat di angka Rp 9,7 juta.

"Tidak lama kemudian, korban lapor polisi dan kedua pelaku berhasil ditangkap," ujarnya.

Kini kedua pelaku mendekam di balik jeruji Polres Jakarta Pusat. Mereka dijerat dengan Pasal 368 dan 369 KUHP tentang Pemerasan dan Pengancaman.

(mdk/ded)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami