Pangdam Jaya Beberkan Alasan Libatkan Disabilitas di Loe Gue Run

JAKARTA | 26 Januari 2020 11:55 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Jayakarta Loe Gue Run (JGLR) 2020 mendapatkan tanggapan positif dari masyarakat. Salah satu alasannya karena perhelatan yang digelar dalam rangka HUT ke-70 Kodam Jaya ini juga melibatkan kaum disabilitas.

Pangdam Jaya, Mayjen TNI Eko Margiyono menegaskan ada tiga kategori perlombaan dalam JGLR. Yakni lari 10 K, 5 K, dan 2,5 K. Bagi kaum difabel, jelas dia, ikut dalam kategori 2,5 K.

"Dan yang spesial bahwa di event JLGR ini ada kategori yang menggunakan wheelchair untuk 2,5 km," kata dia di lokasi acara, Monas, Jakarta, Minggu (26/1).

Menurut dia, patut diakui, bahwa selama ini sangat jarang event yang melibatkan yang berkebutuhan khusus. Misalnya mereka yang harus menggunakan kursi roda.

"Memang di event hari ini juga tidak banyak ya, tapi kita berusaha mengakomodir mereka. Kita mau menunjukkan kalau mereka yang mungkin secara fisik ada keterbatasan tapi masih memiliki semangat yang kuat," tegas dia.

Antusiasme warga untuk ikut terlibat, lanjut dia, sangat tinggi. Hal ini menggembirakan, mengingat JGLR baru diadakan untuk pertama kalinya.

"Pesertanya kita batasi. Hari ini 3.000. Karena kalau tidak akan membludak," jelas dia.

"Total hadiah yang panitia siapkan total mencapai Rp 580 juta. Jadi biasanya (pemeringkatan) satu sampai tiga, ini kita sampai juara 10 kita sediakan hadiah," imbuhnya.

Dia ingin kegiatan semacam ini akan menjadi rutin di tahun-tahun yang akan datang. Selain itu, dari segi peserta, pun diharapkan dapat menarik minat para pelari internasional.

"Kita ingin ke depannya mengundang pemda dan berharap ini menjadi event tahunan. Kita saat ini masih belajar, tapi ke depannya kita ingin mengundang pelari-pelari internasional. Tetapi pada intinya kita ingin menjaring keterlibatan masyarakat, tidak terkecuali untuk ikut di kegiatan ini," tandasnya. (mdk/eko)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.