Panggil Kadis Kehutanan, Ketua DPRD DKI Minta Penebangan Pohon Disetop

JAKARTA | 12 November 2019 11:31 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Penebangan pohon yang ada di sejumlah trotoar membuat Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi gerah. Sebab, ia menilai ada solusi lebih baik selain melakukan penebangan.

Untuk itu, Prasetio akan memanggil Kepala Dinas Kehutanan Suzi Marsitawati terkait hal itu. "Mungkin saya akan tanya, panggil itu. Jadi jangan memberi masukan pada Pak Gub yang sebetulnya ada jalan keluar yang lebih baik," kata Prasetio di gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (12/11).

Menurut dia, pohon itu seharusnya dipindahkan ke tempat lain saja. Meskipun nantinya pohon yang ditebang akan digantikan dengan pohon lain, seperti pohon Tabebuya.

"Mau ditanamin silakan, tapi ini dipindahkan. Ini masalahnya pohon sebesar ini angsana, kan bagus ini. Pindahin kan di Jakarta masih banyak, deket waduk kan itu penguatan juga," papar dia.

Karena itu, dia meminta penebangan pohon di sejumlah trotoar dapat dikaji ulang. Sebab dia mengaku mendapatkan pengaduan masyarakat akan penebangan itu.

Politikus PDIP Perjuangan ini juga khawatir kondisi trotoar semakin gersang bila penebangan pohon terus dilanjutkan.

"Saya minta disetop dulu, saya mohon dikaji ulang (penebangan pohon)," ujarnya.

Sebelumnya, Sejumlah pohon rindang di Jalan Cikini Raya ditebang guna revitalisasi trotoar sepanjang Cikini hingga Salemba, Jakarta Pusat.

Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta Hari Nugroho menyatakan, sebelum adanya penebangan sejumlah pohon tersebut, pihaknya telah mendapat rekomendasi dari Dinas Kehutanan.

"Dilihat dari jenis pohonnya, itu pohon angsana sudah tua. Kedua, itu di bawahnya ngerusak saluran drainase. Ketiga, ngerusak konstruksi jalan," kata Hari saat dihubungi Liputan6.com, Rabu (6/11).

Kendati begitu, setelah ditebang pohon angsana akan digantikan pohon yang akarnya tidak merusak struktur jalan maupun saluran drainase. Selain itu, penebangan pohon itu kata Hari merupakan bentuk antisipasi musim penghujan.

"Ini sudah musim hujan kan mampet banjir, tahu-tahu ada pohon tumbang, nah kan dampaknya ke sana. Makanya diantisipasi sejak saat ini," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi mengakui penebangan pohon di Jalan Cikini Raya guna program revitalisasi trotoar.

Reporter: Ika Defianti (mdk/rhm)

Baca juga:
Tebangi Pohon-Pohon Angsana di Cikini, Ini Penjelasan Pemprov DKI
Giliran Pohon-Pohon di Kramat Raya Terancam Ditebang
Pengamat Desak Dinas Kehutanan DKI Cek Kesehatan Pohon Ketimbang Menebang
Warga Keluhkan Jalanan Cikini Jadi Gersang Dampak Pepohonan Tua Ditebang
Pengendara Motor Tewas Tertimpa Pohon Jati di Bogor
Diterjang Angin Kencang, Ribuan Pinus di Gunung Merbabu Tumbang

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.