Pansus Pemilihan Wagub DKI Mulai Bekerja Pekan Depan

JAKARTA | 17 Mei 2019 22:28 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Sekretaris Dewan(Sekwan) DPRD DKI Jakarta Yuliadi mengatakan, rapat Panitia Khusus (Pansus) wakil Gubernur DKI direncanakan dilaksanakan Minggu depan. Dia menyebut struktur Pansus pun untuk pemilihan pengganti Sandiaga juga telah terbentuk.

"Senin, 20 Mei 219 sudah mulai kerja rapat pertama," kata Yuliadi saat dihubungi, Jakarta, Jumat (17/5).

Dia menyebut dalam struktur itu terdiri 35 orang yang berasal dari sembilan fraksi di DPRD DKI Jakarta. Ketua Fraksi Partai Hanura, Ongen Sangaji ditunjuk sebagai ketua Pansus tersebut.

Yuliadi menyebut masa kinerja Pansus tersebut maksimal enam bulan. Hal tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota.

Selain itu, kata dia, dalam rapat pertama Pansus akan mengundang Kementrian Dalam Negeri. "Untuk memberikan bahan masukan tentang mekanisme tata cara pemilihan wagub dan pembuatan tata tertib," ujar dia.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi telah menerima dua nama usulan calon wakil gubernur, yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Meski demikian, ini harus diteruskan ke Badan Musyawarah (Bamus) untuk menjadwalkan paripurna dan Panitia Khusus (Pansus) guna membuat tata tertib teknis pemilihan Wagub DKI.

"Melalui surat ini saya akan meneruskan ke Bamus untuk diagendakan ke dalam paripurna nanti," kata Prasetio di DPRD DKI Jakarta.

Politikus PDI Perjuangan menyatakan dalam surat usulan tersebut telah ditandatangani oleh pimpinan partai pengusung, yakni Partai Gerindra dan PKS tingkat daerah ataupun pusat.

Prasetio menyatakan dalam teknis pemilihan wagub tersebut akan dilakukan secara voting dengan syarat kuorum 2/3 dari jumlah anggota dewan yang hadir.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Ahmad Syaikhu Harap Pemilihan Wagub DKI Jadi Prioritas Agar Beban Gubernur Tak Berat
Anies Baswedan Maklumi DPRD DKI Belum Bisa Pilih Wagub DKI
Respons Anies Soal Tak Ada Aturan Melarang Wagub Mundur Menjabat Kembali
Heboh Lagi Kursi Wagub DKI, Anies Baswedan dan Sandi Buka Suara
Sandiaga Tegaskan Wagub DKI Jatah PKS: Jangan Diolah Lagi, Jangan Digoreng Lagi
PKS soal Sandi Jadi Wagub DKI Lagi: Bola Sudah di Tangan DPRD
Sekjen: Tidak Ada Angin Lain Selain Bertiup Cawagub dari PKS

(mdk/gil)

TOPIK TERKAIT