Pasar Tanah Abang Blok A Kembali Dibuka dengan Protokol Ketat

Pasar Tanah Abang Blok A Kembali Dibuka dengan Protokol Ketat
JAKARTA | 15 Juni 2020 09:54 Reporter : Eko Prasetya

Merdeka.com - Setelah tutup hampir tiga bulan lamanya, Pasar Tanah Abang blok A yang merupakan salah satu grosir tekstil terbesar di Asia Tenggara kembali dibuka dengan pengetatan protokol kesehatan. Berdasarkan pantauan, dari lima pintu yang tersedia di lobi utama Pintu Timur hanya tiga pintu yang dibuka sebagai akses keluar-masuk, seperti dilansir Antara, Senin (15/6).

Dua pintu dibuka sebagai akses masuk di bagian kanan dan kiri untuk mengurai kepadatan orang yang akan masuk. Sebelum masuk pengunjung diminta untuk mengantre dan wajib untuk mencuci tangan di wastafel yang tersedia di pintu-pintu masuk.

Sekitar dua hingga tiga wastafel berikut sabun disediakan untuk pengunjung maupun pedagang mencuci tangan. Selanjutnya usai mencuci tangan pengunjung akan menjalani pengecekan suhu tubuh dan dipastikan pengunjung yang boleh masuk harus bersuhu di bawah 38 derajat celsius.

Beberapa pengunjung pasar pun nampak menggunakan proteksi tambahan seperti faceshield saat memasuki area Pasar Tanah Abang nonpangan itu.

Selain petugas dari Perumda Pasar Jaya, tampak juga dari TNI yang ikut membantu menegakkan protokol kesehatan sebelum memasuki kawasan Pasar Tanah Abang blok A. Beberapa orang yang menurunkan masker ditegur petugas agar segera memperbaiki posisi maskernya sehingga menutupi hidung dan mulut.

Ganjil-genap toko pun telah diberlakukan dan diikuti oleh para pedagang dengan cukup baik. Selain blok A, Pasar Tanah Abang lainnya Blok B dan F turut dibuka.

"Pasar yang kami miliki (kelola), buka semuanya. Jadi blok-blok A, B, F dan G kita buka semua," kata Direktur Utama Perumda Pasar Jaya Arief Nasrudin saat dihubungi Liputan6.com, Senin (15/6).

Dia mengatakan pembukaan kembali ini dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan yang telah ada. Salah satunya yakni dengan pelaksanaan sistem ganjil genap di pasar.

"Ini salah satu aksi kita membatasi jumlah pengunjung. Para pedagang dan pengunjungnya berkurang," ucapnya.

Selain itu, Arief menyatakan Pasar Tanah Abang juga diberlakuan pembatasan jam operasional mulai pukul 06.00-14.00 WIB. Lalu pengecekan suhu tubuh oleh petugas pasar, pengunjung di atas 38 derajat dilarang masuk area pasar.

"Bagi pengunjung lansia, balita dan ibu hamil sangat tidak disarankan untuk berkunjung ke pasar. Ke empat bagi pengunjung, pedagang, karyawan di lingkungan pasar wajib memakai masker dan pedagang wajib pakai face shield," ujarnya.

Selanjutnya, pengunjung hingga pedagang diwajibkan jaga jarak aman minimal 1 meter serta hindari kerumunan di area pasar.

"Seluruh pedagang dilarang mendisplay atau memajang barang dagangan di area koridor," jelas Arief.

Reporter: Ika Defianti (mdk/eko)

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5