Pedagang Mogok, Pemprov DKI Sediakan 5 Lokasi Penjualan Daging Beku

Pedagang Mogok, Pemprov DKI Sediakan 5 Lokasi Penjualan Daging Beku
Pedagang daging akan mogok berjualan. ©2021 Merdeka.com/Imam Buhori
JAKARTA | 21 Januari 2021 18:13 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pelaksana tugas (Plt) Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, pihaknya menyediakan sejumlah Toko Tani Indonesia Center (TTIC) atau Pasar Mitra Tani untuk menjual stok daging sapi beku.

Dia menjelaskan, langkah ini dilakukan guna menyikapi terjadinya aksi mogok pedagang daging sapi di Jabodetabek.

"Menyikapi aksi tersebut Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas KPKP melakukan koordinasi dengan pihak terkait dalam rangka antisipasi upaya pemenuhan kebutuhan daging sapi (daging sapi beku)," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/1).

Karena itu, dia mengimbau, agar masyarakat dapat membeli di TTIC yang telah ditentukan. Lokasi tersebut ada di TTIC Pasar Minggu, Rawa Sari, Pangkalan Jati, Kalideres dan Klender.

Selain itu, TTIC juga melayani penjualan online dan masyarakat dapat mengaksesnya di Pasar Mitra Tani Gofood pada aplikasi Gojek.

"Harga jual daging sapi di TTIC berkisar Rp 70 ribu sampai Rp 90 ribu per kilogram sesuai spesifikasi daging," jelas Suharini.

Sebelumnya, Asosiasi Pedagang Daging Indonesia (APDI) memutuskan menghentikan aktivitas perdagangan daging sapi di wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek).

Imbauan mogok jualan sementara ini berlaku sejak 19 Januari malam hingga 22 Januari 2021. Mogok jualan tersebut disebabkan gejolak harga daging sapi potong.

Pedagang mengeluhkan Harga Pokok Penjualan (HPP) daging sapi di tingkat Rumah Pemotongan Hewan (RPH), dan distributor yang terlampau tinggi. Sehingga keuntungan yang diterima pedagang menjadi sangat tipis.

Reporter: Ika Defianti
Sumber: Liputan6.com (mdk/fik)

Baca juga:
Pedagang Daging Sapi Jual Stok Lama dengan Harga Rp130.000 per Kg
Pemerintah Janjikan Penanganan Cepat Masalah Daging Sapi Mahal
Aksi Pedagang Daging Sapi Mogok Berjualan
Istana Bakal Ajak Pedagang Diskusi Soal Kenaikan Harga Daging Sapi
Penyebab Harga Daging Sapi Saat ini Mahal dan Apa yang Sebaiknya Diperbuat Masyarakat

Banyak orang hebat di sekitar kita. Kisah mereka layak dibagikan agar jadi inspirasi bagi semua. Yuk daftarkan mereka sebagai Sosok Merdeka!

Daftarkan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami