Pelonggaran Aktivitas Saat Ramadan, Anies Ingatkan Warga Jakarta Tahan Godaan

Pelonggaran Aktivitas Saat Ramadan, Anies Ingatkan Warga Jakarta Tahan Godaan
Anies Baswedan Nongkrong Tak Dikenali Warga. Instagram/@aniesbaswedan ©2021 Merdeka.com
JAKARTA | 13 April 2021 11:17 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat melakukan aktivitas saat Ramadan. Saat ini sejumlah kegiatan dilonggarkan daripada Ramadan 2020.

"Penting sekali untuk kita tahan godaan jaga amanah, dan tidak mengkhianati pelonggaran yang kita buat saat ini," kata Anies dalam akun instagramnya @aniesbaswedan, Selasa (13/4/2021).

Lanjut dia, pandemi Covid-19 masih berlangsung dan potensi penularan pun juga besar bila masyarakat abai dengan protokol yang telah ditetapkan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga meminta agar masyarakat menghindari kegiatan yang menimbulkan kerumunan saat Ramadan.

"Hindari mengadakan buka bersama, kumpul-kumpul keluarga begitu banyak, tanpa ada jaga jarak, apalagi membuka masker hanya karena kebiasaan," ucap dia.

Perpanjangan waktu operasional restoran ataupun tempat makan tidak diperuntukan untuk acara yang dapat menimbulkan keramaian.

Anies juga menyatakan perubahan waktu operasional untuk melayani masyarakat yang hendak sahur dan buka.

"Restoran dan rumah makan memang diberi izin untuk buka sedikit lebih panjang, untuk melayani mereka yang berbuka dan bersahur, tapi jangan lalu dimanfaatkan untuk acara-acara buka bersama," jelas Anies.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah memperbaharui waktu operasional tempat makan di Ibu Kota selama Ramadan 2021.

Hal tersebut berdasarkan Keputusan Gubernur Nomor 434 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Gubernur Nomor 405 Tahun 2021 tentang Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Berbasis Mikro disingkat PPKM Mikro.

Kepgub tersebut telah ditandatangani oleh Anies Baswedan pada 9 April 2021.

"Dine-in sampai dengan pukul 22.30 WIB dan dapat beroperasi kembali pada pukul 02.00-04.30 WIB untuk melayani kebutuhan sahur," bunyi kepgub yang dikutip Liputan6.com, Selasa (13/4/2021).

Reporter: Ika Defianti

Sumber: Liputan6.com (mdk/bal)

Baca juga:
Usaha Karaoke hingga Spa Dilarang Beroperasi di Tangsel Selama Ramadan
Anies: Restoran Diizinkan Buka Lebih Panjang Jangan Dimanfaatkan untuk Bukber
Gelar Tarawih di Tengah Pandemi, Masjid Raya Medan Terapkan Ini
Ketua DPR: Ramadan Momentum Tingkatkan Kepedulian pada Sesama
Suasana Tarawih 1 Ramadan di Masjid Istiqlal
Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Suci Ramadan, Lengkap dengan Dalilnya

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami