Pemalak Bersenjata Resahkan Pengguna Tol Wiyoto Wiyono, Incar Mobil Terjebak Macet

JAKARTA | 23 April 2019 01:31 Reporter : Lia Harahap

Merdeka.com - Polres Metro Jakarta Utara mengungkap kasus pemalakan di atas Tol Wiyoto Wiyono yang melibatkan tiga orang. Komplotan itu biasa beraksi dari arah Tanjung Priok menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan menggunakan senjata.

Kasatreskrim Polres Jakarta Utara, AKBP Imam Rifai, mengatakan ketiga orang itu adalah A (23), GVT (21) dan IS (20). Mereka mengincar kendaraan yang terjebak macet dengan jendela terbuka di jalan tol. Kemudian, memalak korbannya di bawah ancaman senjata tajam.

"Para tersangka ini menghampiri kendaraan-kendaraan yang kebetulan berhenti karena kemacetan. Terhadap kendaraan-kendaraan yang kacanya terbuka, tersangka melakukan aksinya, dengan melakukan pengancaman dan meminta barang-barang berharga dari korban-korbannya," kata AKBP Imam di Mapolres Jakarta Utara. Demikian dikutip dari Antara, Senin (22/4).

Berdasarkan pengakuan para tersangka, mereka sudah berulang kali beraksi dengan modus serupa. Dari pemeriksaan awal diketahui, tiga tersangka positif sabu. Hal itu dipastikan setelah dilakukan pengecekan urine.

"Yang bersangkutan sudah melakukan delapan kali tindak pidana seperti ini," ujarnya.

Para tersangka melakukan aksinya di dua lokasi yaitu di Jalan Tol Wiyoto Wiyono KM18 (Tol Ancol Pademangan) dan Jalan Tol Wiyoto Wiyono di pintu gerbang Jembatan Tiga Penjaringan Jakarta Utara.

Lokasi tersebut dipilih agar mereka mudah melarikan diri bila korbannya melawan. Jalan tol tersebut tidak terlalu tinggi sehingga para tersangka tersebut mudah untuk meloncat dan melarikan diri.

Ketiganya ditangkap di tiga lokasi berbeda. "Tersangka A kita amankan di daerah Koja. Satu tersangka lainnya, kita tangkap di Cilincing, sedangkan satu orang lainnya kita amankan di Sumur Batu, Kemayoran," ujarnya.

Atas perbuatannya ketiga tersangka dijerat dengan 365 KUHP dengan ancaman hukuman penjara di atas lima tahun.

Baca juga:
8 Tersangka Perdagangan Orang Jaringan Internasional Ditangkap
Rusak Mobil Warga Saat Konvoi Usai Ujian Nasional, 11 Siswa SMK Ditangkap Polisi
Wagub Nilai Masuknya Turis Asing Kriminal ke Bali Akibat Bebas Visa
Dendam Pernah Dilaporkan Polisi, Jerug Bakar 2 Sepeda Motor Pratama
Ini Wajah-wajah Penjahat Hasil Operasi Bandit Polda Metro Jaya
Simon Tebas Teman Sendiri saat Sedang Mabuk
2 Pembakar Motor di Desa Ketitang Temanggung Bermotif Perselisihan Pilkades

(mdk/lia)

TOPIK TERKAIT